Khoe Ribka: Tanamkan 3 Hal Ini Saat Ingin Memulai Bisnis

Khoe Ribka: Tanamkan 3 Hal Ini Saat Ingin Memulai Bisnis
Dok. MYTV

Kata orang: “mulailah berbisnis dari yang kita suka dan cintai.” Pernyataan itulah yang membuat seorang Dra. Khoe Ribka berani memulai membangun bisnisnya. Simak cerita selengkapnya di bawah ini. 

Apa passion kamu? Pernah bingung menentukan passion apa yang sebenarnya ada dalam dirimu? Yep, memang tidak terlalu mudah mencari passion yang sesuai dengan diri sendiri, apalagi untuk seorang perempuan yang sering dilanda kegalauan. Tapi apakah kamu tahu, apa itu passion? Passion adalah semangat untuk melangkah dalam melakukan perubahan di kehidupan. Dengan adanya passion, para perempuan Indonesia harus berani untuk berbagi dan saling menginsirasi ke sesamanya. Biasanya dengan berbagi kebaikan yang kita miliki akan membuat lingkungan sekitar merasakan kebaikan itu.

Sama seperti yang diceritakan oleh salah satu perempuan hebat Indonesia, Dra. Khoe Ribka, seorang CEO & Presiden Director Amos Cozy Hotel, di mana beliau harus menentukan passionnya untuk mulai membangun bisnisnya.

”Kalau kita bicara memulai bisnis sebagai seorang entrepenuer, tentunya untuk zaman sekarang saat tepat sekali. Dengan passion apa yang mereka impikan dan mereka sukai itu menjadi suatu hal dalam membangun bisnis yang akan powerful,” ujar Dra. Khoe Ribka, yang ditemui Woop di acara ‘Women with Legacy’ MYTV, di Kuningan City, Jakarta.

img

Memiliki beberapa bisnis di tiga bidang yang berbeda seperti musik, hospitality dan edukasi. Sebenarnya, mana yang menjadi passionnya?

“Kalau berbicara mengenai passion dan bisnis, karena kita sudah mempunyai keinginan untuk membuka bisnis, bisnis apapun yang kita geluti itu menjadi passion kita. Pokoknya saat kita ingin membuka bisnis apapun, kita harus memiliki semangat dan harus juga bisa menghidupi bisnis tersebut. Satu lagi, kita juga harus bisa mengikuti perkembangan zaman yang sudah berubah,” jawabnya.

Yep, setuju! Dengan menjalankan passion yang penuh dengan cinta dan dari hati, perempuan bisa melakukan perubahan dan berbagai untuk lingkungannya. Sehingga mereka bisa bermanfaat dan menginspirasi untuk orang-orang yang ada disekitarnya.

Ribka pun memberikan pesan kepada semua perempuan Indonesia, saat ingin memulai bisnis, jangan lupa untuk mengaplikasikan 3 C yaitu character, chemistry, dan capacity.

  • Character memiliki peranan penting dalam bisnis yang akan kita jalani. Orang yang bisa dipercaya, orang yang bisa diandalkan dan orang yang memiliki character yang benar akan membuat bisnisnya sukses dan berjalan lancar.
  • Saat kita ingin membuka bisnis, kita juga harus memiliki chemistry. Di mana chemistry bisnis ini harus bisa menyatu dengan diri kita.
  • Capacity. Kita harus mengetahui kapasitas kita di mana. Barulah kita bisa memulai bisnis. Jangan pernah menginginkan sesuatu langsung besar. Tapi mulailah dari hal yang kecil: kita tahu kapasitas kita di mana, kapasitas apa yang bisa kita kembangkan, dan setelah itu kita akan bermanfaat untuk orang banyak.

Selanjutnya: deadline yang menumpuk membuat kita selalu kepikiran pekerjaan. Padahal, kamu sedang berada di akhir pekan. Saat itu terjadi, apa yang harus dilakukan?