Wednesday, 03 October 2018

Kunjungi 6 Tempat Indah Ini Sebelum Mati (atau Mereka Lenyap)

img detail
ISTIMEWA

Sebelum terlambat.

Mulai dari ingin menikmati momo di Kathmandu sampai YSL museum di Marrakech, daftar liburan impianmu semakin panjang. Namun, disarankan untuk menggeser-geser dan memberikan sedikit ruang dalam urutan tersebut untuk beberapa tujuan wisata yang harus-dilihat-sebelum-mati-dan-sebelum-mereka-lenyap. 

VAADHOOD ISLAND di MALDIVES

Direkomendasikan untuk mereka yang memiliki keinginan: "mandi di air laut yang glow-in-the dark". Sama sekali tidak ada hubungannya dengan ilmu gaib, permukaan air laut yang ber-glitter ini disebabkan oleh plankton-plankton imut memancarkan cahaya sebagai pertahanan diri terhadap predator di malam hari. Sayangnya, karena level air laut yang semakin naik dan menggerus banyak pulau di sana, diperkirakan fenomena ini akan hilang. 

GREAT REEF BARRIER REEF di AUSTRALIA

Mungkin ini sudah ada di bucket list-mu, tapi sepertinya kunjunganmu ke sana harus terjadi sebelum 2030. Pasalnya, dikarenakan polusi asam yang menyebabkan pemutihan karang dan kenaikan suhu dalam 30 tahun terakhir ini, ukurannya sudah semakin menyusut (lebih dari setengahnya). Berdasarkan hal ini, para ilmuwan memperkirakan batu karang akan musnah per 2030.

MADAGASKAR di AFRIKA TIMUR

Salah satu lokasi di planet ini dengan penghuni yang sangat beragam, dan lebih dari 80 persen flora dan faunanya tidak ditemukan di tempat lain (termasuk si menggemaskan, lemur), serta masih banyak spesies yang masih belum diketahui. Dan sepertinya tidak akan pernah kita tahu karena frekuensi kebakaran, perburuan liar dan penggundulan hutan massal yang membuat wilayahnya menyusut dengan cepat (dari 120.000 meter per segi menjadi hanya 20.000 meter per segi). Berapa lama waktu yang tersisa untuk hutan dan penghuninya? Hanya 35 tahun. 

LAUT MATI di ISRAEL

Laut Mati, yang membatasi Jordan dan Israel, telah terbenam 80 kaki dan ukurannya berkurang sampai sepertiga dalam 40 tahun terakhir. Jika negara-negara di sekitarnya masih menggunakan air dari Sungai Jordan (satu-satunya asal air dari Laut Mati), maka laut tersebut akan benar-benar lenyap dalam waktu 50 tahun. 

TEMBOK RAKSASA di CINA

Salah satu keajaiban dan struktur terbesar buatan tangan manusia di dunia, tembok raksasa ini telah berhasil berdiri kokoh selama lebih dari 2000 tahun. Namun, proses pertanian besar-besaran telah membuat hampir dua per tiga bagian tembok ini rusak dan hancur. Jika hal ini berlangsung terus-menerus, diperkirakan "raksasa" tersebut akan menjadi reruntuhan akibat erosi dalam waktu kurang dari 20 tahun.

BLOOD FALLS di VICTORIA LAND, ANTARTIKA TIMUR

Yep, tidak mudah memang mendarat di Antartika, tapi jika ada rejeki dan keinginan maka tidak akan sia-sia mendatangi "air terjun darah" ini. Ditemukan pada tahun 1911, tapi baru tahun lalu misteri air berdarah tersebut terpecahkan. Ternyata, ada zat besi di dalam air (berasal dari danau bawah tanah) yang teroksidasi begitu menyentuh air. Ohya, es di Artik dan Antartika semakin berkurang; Antartika memiliki kurang dari 40% laut es, dan dalam 20 sampai 40 tahun ke depan saat semua es sudah tidak ada, segala kehidupan liar seperti ikan paus, anjing laut, dan penguin, akan berkurang sampai 70%. 

Selanjutnya: 5 destinasi liburan yang akan membuat Instagrammu cantik, dan dijamin akan kebanjiran like dan comment

 

MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR