Makan Gorengan Malah Bisa Buat Kamu Kurus?

Makan Gorengan Malah Bisa Buat Kamu Kurus?
Photo by @cassianobarletta on Unsplash

Kamu selalu diminta menjauhi makanan yang digoreng kalau mau kurus? Eits, gorengan seperti apa dulu nih?

Mari kita luruskan, banyak perempuan beranggapan kalau mengonsumsi makanan yang direbus lebih baik daripada digoreng. Ketika ingin turun berat badan maka perlu menjauhi ‘gorengan-gorengan’. 

Yang perlu kamu tahu, makanan yang dimasak dengan minyak bisa meningkatkan rasa kenyang. Meskipun kamu selalu mengawasi jenis asupan yang dimakan saat mencoba menurunkan berat badan namun bukan berarti tidak bisa sama sekali mengonsumsi gorengan.

Minyak itu dibuat dari campuran lemak jenuh dan tidak jenuh. Mungkin banyak orang berpendapat bahwa kamu harus menghindari lemak untuk mengurangi berat badan tapi tidak semua jenis lemak buruk buatmu termasuk yang terdapat dalam kandungan minyak.

Kalau kamu mengonsumsi gorengan seperti bakwan atau tempe goreng di pinggir jalan mungkin betul bisa merusak diet penurunan berat badan. Namun kalau menggoreng makanan sendiri menggunakan minyak yang tepat ternyata bisa memaksimalkan upaya mendapatkan tubuh langsing lho

Lalu minyak apa saja yang bagus untuk membantu memaksimalkan upaya penurunan berat badanmu? 

  • Olive Oil

img

Olive oil adalah salah satu minyak tersehat dan sangat baik untuk memasak makanan ketika tujuanmu menurunkan berat badan. Meskipun olive oil olahan tidak sebagus extra virgin olive oil tapi memiliki titik asap tinggi dan dapat digunakan untuk memasak pada suhu tinggi. Kedua minyak mengandung 73% lemak tak jenuh tunggal dan 14% lemak jenuh.

  • Canola Oil

img

Photo by @robertina on Unsplash

Minyak canola mengandung 61% lemak tak jenuh tunggal dan hanya 8% lemak jenuh. Minyak ini memiliki jumlah antioksidan yang lebih sedikit dibandingkan dengan olive oil namun hanya sedikit lemak omega-3, yang baik buat kesehatan. Minyak canola mempunyai titik asap sedang dan lebih disarankan digunakan untuk tujuan browning dan membakar.

  • Minyak Kelapa

img

Photo by @johnyophoto on Unsplash

Terlepas dari keberadaan lemak jenuh, minyak ini sangat baik untuk menurunkan berat badan. Minyak kelapa mengandung medium-chain triglycerides (MCTs). Studi juga menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat membantumu menurunkan berat badan dan bahkan memiliki beberapa manfaat kesehatan yang mengejutkan. Minyak kelapa mengandung 6% lemak tak jenuh tunggal dan 87% lemak jenuh.

  • Minyak dari Biji-bijian

img

Minyak dari biji-bijian juga tinggi lemak tak jenuh tunggal dan dapat digunakan untuk keperluan memasak. Contohnya minyak kemiri mengandung 82% lemak tak jenuh tunggal dan hanya 7% lemak jenuh. Minyak biji bunga matahari mengandung 79% lemak tak jenuh tunggal dan 14% lemak jenuh. Minyak almond mengandung 65% lemak tak jenuh tunggal dan 7% lemak jenuh.

Yang perlu dicatat: kamu harus tahu bahwa minyak padat kalori, terlepas apa pun jenisnya. Idealnya, satu sendok makan minyak mengandung 120 kalori dan kamu harus mengonsumsinya dalam jumlah sedang ketika sedang diet penurunan berat badan.

Selanjutnya: beralih ke kecantikan, ini tanda kamu harus potong rambut. Jangan diabaikan ya…