Mari Mempraktikkan 5-Hour Rule agar Karirmu Melaju Lebih Pesat

Mari Mempraktikkan 5-Hour Rule agar Karirmu Melaju Lebih Pesat
ISTOCK

Oprah Winfrey, Bill Gates, Zuckerberg melakukannya. 

Tolong jangan dilempar atau dinyinyirin dan berteriak, "mana sempat" dengan nada sinis, tapi kamu perlu tahu hal ini: menyediakan waktu untuk sesuatu yang tidak ada di dalam daftar "harus dikerjakan sekarang kalau tidak..." bisa jadi merupakan kunci kesuksesan. Paling tidak itu metode yang dijalani oleh Bill Gates dan Oprah Winfrey—jadi jika kamu terinsipirasi untuk memiliki seperlima saja dari kesuksesan mereka, mohon lanjutkan membaca. 

Dalam sebuah artikel untuk Medium, Michael Simmons, seorang pengusaha, penulis buku dan kontributor majalah internasional, menjelaskan bahwa mendedikasikan hanya satu jam untuk mempelajari sesuatu yang baru bisa memberikan efek yang sangat besar terhadap karirmu, dan ini adalah sebuah taktik yang sudah dicoba oleh beberapa orang tersukses di dunia—dan terbukti ampuh. 

"Banyak dari pemimpin ini, terlepas dari kesibukan mereka, menyisihkan paling tidak satu jam setiap hari (atau lima jam dalam satu minggu) dari kesibukan karier mereka untuk aktivitas-aktivitas yang dibisa dikategorikan kebiasaan yang disengaja atau belajar," katanya. "Saya menyebut ini fenomena aturan 5-jam." 

Simon memaparkan bahwa mendedikasikan waktu untuk belajar kemampuan baru merupakan sesuatu yang membuat para pemimpin sukses itu berbeda dari generasinya, jadi tidak ada salahnya menirunya. "Sama seperti kita membutuhkan dosis minimal vitamin, jumlah langkah per hari, dan olahraga erobik untuk fisik yang lebih sehat, kita seharusnya lebih disiplin tentang... dosis minimal mempelajari sesuatu yang baru dengan sengaja demi kehidupan ekonomi yang lebih sehat." Lalu, dia mengatakan, "efek jangka panjang tidak belajar sama berbahayanya dengan efek jangka panjang tidak memiliki gaya hidup yang sehat." 

Seandainya kamu penasaran, beberapa nama besar di dunia bisnis menghabiskan satu jam setiap hari untuk melakukan ini: 

Membaca: Bill Gates membaca 50 buku per tahun Mark Zuckerberg membaca paling tidak satu buku setiap dua minggu, sementara Oprah menyebut buku-bukunya sebagai "jalan menuju kebebasan pribadi."

Refleksi: Tim Amstrong, CEO AOL, meminta timnya untuk menghabiskan empat jam setiap minggu untuk... berpikir. Yep, sesederhana itu. Kebiasaan ini juga dilakoni oleh Jeff Weiner, CEO LinkedIn, dan Jack Dorsey, CEO Twitter. Menyisihkan waktu untuk merefleksikan pekerjaanmu bisa memberikan pencerahan tentang langkah apa yang selanjutnya harus kamu ambil. 

Eksperimen: Google mengizinkan para karyawannya untuk bereksperimen dengan proyek-proyek baru dari 20% waktu kerja mereka di kantor. 

Selanjutnya: Teman sukses? Pastinya ikut berbahagia! Namun, terkadang respon refleksnya adalah... kita mulai membandingkan kehidupan kita dengan orang lain dan merasa paling tidak beruntung sedunia. Stop, dengan melakukan ini