Menghadapi Mertua yang Buat Hidupmu seperti di Neraka

Menghadapi Mertua yang Buat Hidupmu seperti di Neraka
ISTIMEWA

Sering punya masalah dengan mertua? Woop punya tips menghadapi mertua yang sering membuatmu seperti di neraka. 

Sulit memang ketika kita dihadapi dengan orangtua suami yang kurang bersahabat. Meski kita tahu sebelum menikah kalau orangtua pasangan cukup menyebalkan. Namun setelah menikah, orangtua suami tentu menjadi orangtuamu juga.

Mau dilawan tapi dia orangtua dan kita harus menghormatinya. Namun kalau diam saja, kamu akan terus ‘membatin’. Apalagi kamu dan pasangan masih tinggal di rumah mertua. Bingung ya cara menghadapinya? 

img

Photo by @orenatias on Unsplash

Psikolog India Rachana Awatramani, mengatakan bahwa hubungan antara ibu mertua dan menantu perempuan biasanya sangat rapuh karena mereka peduli dengan orang yang sama di satu rumah. Belum lagi sikap suami yang selalu membela kedua orangtuanya. 

“Saya memahami bahwa kamu sangat frustasi karena tidak menerima dukungan apa pun dari suami. Saya memahami bahwa kamu ingin pindah rumah tapi suami tidak mau dan tak berusaha memberikan solusi terbaik untuk kamu maupun mertua. Saran saya bicara dengan suamimu empat mata,” ujar Rachana. 

Kamu perlu mencari waktu untuk mengajak suamimu pergi berdua ke tempat yang menyenangkan lalu meluapkan semua perasaanmu. Berterus terang saja semua yang kamu rasakan dengan mertuamu kepada suami. Ingat, dia akan menjadi bagian dari hidupmu selamanya. 

Setelah bercerita ke suami, atur pertemuan keluarga di mana kamu dan mertua bisa bertemu lalu mendiskusikan ‘hubungan’ kalian satu sama lain. Jangan lupa buat batasan antara kamu dan mertua. Coba cari jalan tengah untuk situasi kamu, mungkin pindah rumah bisa menjadi pilihan terbaik. 

“Tapi jika suami tidak mau meninggalkan rumahnya coba pahami situasinya. Minta dia untuk membantumu membuat hubungan yang lebih harmonis dengan mertua. Perimbangkan pula pergi ke konseling pernikahan jika tidak ketemu jalan keluar,” kata Rachana lagi. 

Di akhir kata, Rachana mengingatkan kamu dan pasangan harus menjadi tim yang solid dan bisa memecahkan masalah demi pernikahan yang harmonis. Melibatkan banyak orang dalam pernikahanmu hanya akan menguras emosi. 

Selanjutnya: sedang badmood di kantor? Ini cara-cara instan yang bisa dicoba untuk menghilangkan perasaan mengganggu tersebut.