Panduan Memakai Parfum yang Benar

Panduan Memakai Parfum yang Benar
ISTOCK

Menuang satu botol parfum ke badan bukan kuncinya. 

Kita selalu ingin tercium wangi, dan lebih dari itu berharap agar aroma enak tersebut bisa bertahan lama. Lalu, yang terjadi adalah kita menumpahkan satu botol parfum ke badan dan baju setiap hari untuk memastikan bahwa kita seperti “buket 1000 mawar berjalan”. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa yang kita lakukan itu kurang tepat? Percaya atau tidak, metode tersebut tidak akan berhasil, yang terjadi malah duit habis dan orang-orang di sebelahmu menderita sakit kepala. Untuk mencegah hal tersebut berlangsung lebih lama, berikut beberapa poin penting saat menyemprotkan parfum.

LAKUKAN:Target Area yang Menyebarkan Panas 

Seandainya kamu baru pulang dari Mars, saran jadul untuk menyemprotkan parfum pada pergelangan tangan sudah tidak berlaku lagi dengan alasan yang jelas. Jika benar-benar ingin wangimu bertahan lama, fokus pada area yang memancarkan panas. Ini adalah area-area dimana posisi pembuluh darah lebih dekat ke permukaan kulit, seperti belakang leher dan bagian belakang lutut. Akan tetapi, di hari yang super panas (seperti akhir-akhir ini), lewatkan menyemprotkan parfum ke bagian belakang lutut karena daerah tersebut biasanya lebih cepat berkeringat, alih-alih aplikasikan ke bagian pergelangan kaki atau betis untuk memastikan aroma kesukaanmu naik dengan perlahan. Perut dan décolletage adalah contoh area lain karena panas yang dipancarkan dari tempat tersebut membantu menyebarkan fragrance-mu.

DILARANG: Melupakan Rambut dan Bajumu

Pernah meminjam baju teman dan sadar bahwa baunya seperti dia? Yep, itu karena serat di dalam pakaian (terutama yang alami, seperti katun dan wol) menyimpan parfum dan susah lepas bahkan setelah dicuci berkali-kali. Satu semprotan saja di baju (terkecuali blouse yang terbuat dari sutra—lebih baik jangan terkena parfum karena akan meninggalkan noda) akan menyimpan fragrance selama beberapa waktu setelah pemakaian. Selain itu, menyemprot rambut adalah trik lain untuk memastikan aroma parfum bertahan lama. Minyak di kulit kepala dan gerakanmu secara otomatis akan menyebarkan aroma tersebut. Hanya, kalau bisa simpan trik ini untuk hari-hari khusus karena alkohol di dalam parfum akan membuat rambutmu kering jika terlalu sering dipraktekkan.

LAKUKAN: Lembabkan Terlebih Dahulu

Persiapkan kulit dengan mengoleskan losion tanpa aroma. Kulit lembab biasanya bisa mempertahankan fragrance lebih lama dibandingkan kulit kering. Jadi, pastikan untuk menyemprot parfum selagi losion masih basah di kulit.

DILARANG: Mencolek atau Memutar

Ada parfum yang dilengkapi dengan aplikator rollerball, tapi sayangnya meski sepertinya sangat berguna pemakaiannya sebenarnya tidak terlalu direkomendasikan. Setiap kali kita menggunakannya, parfum semakin terkontaminasi dengan minyak kulit dan akan mengurangi fragrance. Hal yang sama juga berlaku saat kita mencoleknya—just don't do it.

LAKUKAN: Semprot dengan Pengendalian Diri

Metode terbaik pemakaian parfum adalah melakukannya dari jarak dekat. Dan ingat, jumlah semprotan yang dibutuhkan untuk mendapatkan tingkat keharuman saat pertama kali memakainya (satu kali pada titik-titik seperti yang disebutkan di atas) bisa jadi cukup untuk sepanjang hari. Sebagian besar dari kita sudah terbiasa dan mati rasa dengan aroma tersebut, sehingga merasa ekstra semprotan dibutuhkan, padahal tidak sama sekali. Hanya karena kita ingin selalu harum, tidak berarti orang lain harus menderita sakit kepala mencium level wangi yang tidak manusiawi.

DILARANG: Lupa tentang Titik Puncak

Jangan lupakan bahwa fragrance memiliki titik puncak. Aroma lima belas menit pertama sejak diaplikasikan tidak akan bertahan sepanjang hari—yang tertinggal sepanjang hari adalah aroma dasar. Jadi, untuk fragrance yang lebih bertahan lama, pilihlah parfum dengan aroma dasar yang lebih berat (seperti musk atau oriental scents)—bukan citrus yang cenderung lebih ringan dan menguap dengan cepat.

LAKUKAN: Simpan dengan Baik

Untuk memastikan kualitas isi botol bertahan selama mungkin, simpan parfum jauh dari sinar matahari langsung dan udara lembab atau hangat (artinya: jangan simpan di kamar mandi atau dekat jendela!). Botol yang terpapar matahari dan elemen-elemen lain bisa membuat parfum kehilangan fragrance-nya bahkan bisa-bisa mengubah komposisinya 100% setelah beberapa bulan.