Para Perempuan, Taati Aturan Makan Ini Jika Tak Mau Nyeri Haid

Taati Aturan Makan Ini Jika Tak Mau Nyeri Haid
ISTOCK

Ada banyak makanan yang harus kamu hindari saat sedang haid. Namun ada juga yang harus kamu konsumsi agar haidmu lancar.

Semua perempuan pasti sering mengalami rasa sakit yang tidak nyaman menjelang dan ketika menstruasi. Nyeri perut dan kram tak bisa dianggap sepele, ladies. Jika sudah begini, jangan sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman. Ada makanan dan minuman yang sebaiknya kamu hindari ketika teman bulanan datang--dan ada pula, asupan yang dapat membantumu melalui hari-hari derita dengan lebih nyaman. Berikut daftarnya:

Makanan yang Perlu Dihindari Saat Haid:

Minuman berkarbonasi

img

Siapa yang suka sekali minum cola? Sepertinya mulai sekarang kamu harus menghindarinya apalagi jika sedang haid. Minuman berkarbonasi manis seperti soda berkontribusi membuat perutmu kembung. Oleh sebab itu, cobalah untuk minum air putih sebagai gantinya karena menambah asupan air akan benar-benar mengurangi bloating dan meningkatkan cadangan cairan dalam tubuh. 

Makanan olahan

img

You know what else contributes to bloating? Makanan tinggi natrium. Makanan olahan, seperti nugget, biskuit, dan lain-lainnya adalah sumber terbesar dari natrium dalam konsumsi makanan sehari-hari. Hindari apa pun jenis makanan olahan, dan kamu akan menjaga asupan garam dan ukuran perut. Bye-bye nyeri perut. 

Gorengan

img

Duh, makanan favorit semua orang. Namun saat kamu sedang haid, cobalah untuk mengurangi makanan yang mengandung lemak trans karena akan meningkatkan kadar estrogen. Hal itu bertujuan untuk mengurangi rasa sakit selama masa menstruasi.

Kacang-kacangan

img

Perlu diketahui bahwa kacang merah, kacang polong, buncis, dan kacang-kacangan semua menyebabkan kembung. Keep them away from your plate to stay out of discomfort.

Makanan tinggi lemak

img

Tidak hanya gorengan, makanan tinggi lemak memiliki efek yang kuat pada aktivitas hormon dalam tubuh. Seperti lemak trans, lemak jenuh dapat berkontribusi pada period pain dan peradangan. Hindari daging berlemak dan susu untuk menjaga asupan lemak tetap seimbang, yang juga mengatur kadar estrogen.

Makanan yang Harus Dikonsumsi Selama Haid:

Kale, Bayam, Kangkung, dan Swiss Chard

img

Yep, salah satu makanan sehat ini sangat disarankan untukmu. Apalagi ketika kamu sedang menstruasi yang membuat kadar zat besi dapat menurun. Pilih sayuran hijau seperti bayam, kale, kangkung, dan Swiss chard untuk mengisi pasokan zat besi tubuh. 

Jeruk

img

Meski rasanya asam tapi ternyata jeruk baik dikonsumsi oleh kamu yang sedang haid. Mengonsumsi jeruk yang mengandung kalsium bisa mengurangi perasaan depresi dan kecemasan. Vitamin D mengatur enzim yang mengubah triptofan menjadi serotonin, neurotransmitter yang membantu mengatur suasana hati. Bersama-sama, kalsium dan vitamin D menangkal gejala PMS. Tingginya kadar kalsium juga dapat meringankan kram dan nyeri, dan bertindak sebagai relaksan otot. Temukan kombinasi kalsium dan vitamin D dalam varian buah jeruk seperti jeruk manis, lemon dan limau. 

Ikan salmon

img

Yes, salmon is the answer to your period pain. Salmon yang kaya akan omega-3 yang bekerja untuk mengendurkan otot dan menghilangkan rasa sakit. Kamu juga bisa mendapatkan asupan omega-3 dari kenari, alpukat, labu, dan biji rami.

Brokoli

img

Ternyata tidak hanya bayam, kale dan kangkung saja yang baik untuk haid, brokoli juga baik untuk perut. Karena brokoli mengandung semua nutrisi yang berperan dalam mengurangi gejala PMS - magnesium, kalium, kalsium, dan vitamin A, C, B6, dan E. Konsumsi brokoli yang banyak untuk meningkatkan mood, melawan kelelahan, dan memerangi depresi.

Dark chocolate

img

Dark chocolate merupakan sumber magnesium, yang tidak hanya mengatur mood swings dan suasana hati, tetapi juga membantu mengatur serotonin – hormon yang menciptakan rasa bahagia. Untuk mendapatkan dorongan serotonin tanpa lemak yang tak perlu, konsumsi coklat dengan kandungan kakao 60% atau lebih. Haid lancar, hati senang! 

Selanjutnya: Berdedikasi tinggi pada pekerjaan itu boleh. Tapi jangan sampai malah membuatmu sakit ya. Cobalah untuk tidak merasa diperbudak pekerjaan dengan cara berikut ini