Friday, 22 February 2019

Penting! Ini yang Terjadi pada Otak Bila Kamu Selalu Sarapan

img detail
ISTOCK

Apakah kamu sarapan tadi pagi? Woop hanya ingin bilang: sarapan itu penting! Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak artikelnya ya.

Siapa yang tidak suka sarapan? Sepertinya kebiasaan tidak sarapan itu harus benar-benar kamu ubah mulai sekarang. Karena sarapan itu mempunyai banyak manfaat penting untuk tubuh. Tidak hanya itu saja, sarapan bisa mempengaruhi perkembangan otak, hingga meningkatkan konsentrasi.

“Sarapan itu sangat penting. Karena sarapan dapat mempengaruhi kinerja kognitif dengan mengurangi rasa lapar,” kata Dr. dr. Taufiq Pasiak, M.Kes, M.Pd., seorang ahli Neuroanatami dan Neurosains yang ditemui Woop dalam acara konferensi pers ‘Energen: Konsentrasi Ciptakan Mimpi’ di FX Sudirman, Kamis (21/2).

Ya, berkat sarapan kita bisa menahan rasa lapar sampai waktu siang tiba. Lalu, apa pengaruhnya dengan kinerja kognitif dan perkembangan otak?

“Perkembangan otak ditentukan oleh SiSi yaitu nutrisi dan informasi. Nutrisi yang didapatkan untuk membentuk bangunan fisik otak. Sedangkan, untuk memandaikan otak, kita membutuhkan informasi atau ilmu pengetahuan,” ujarnya.

Siapa yang tidak ingin memiliki otak yang cerdas? Semua orang menginginkannya. Dengan nutrisi yang baik, otak kita juga bisa berkembang dengan sempurna. Ditambah, informasi yang diserap bisa membuat kita memiliki wawasan yang luas. Ah, senangnya!

“Otak manusia terus berkembang dari kita masih berbentuk janin, hingga nanti kita meninggal. Tentunya, agar perkembangan otak berjalan maksimal, pemenuhan nutrisi itu sangatlah penting. Salah satunya dari nutrisi makanan yang diperoleh dari sarapan. Nah, sarapan itu yang akan mempengaruhi kinerja kognitif otak seperti mengubah memori jangka pendek menjadi memori jangka panjang. Satu lagi, sarapan juga bisa membantu menjaga emosi seseorang tetap stabil,” ungkap Taufiq.

Wah, sehebat itu manfaat sarapan setiap pagi. Namun hal itu tidak bisa diperoleh dengan mudah, “Semua manfaat tersebut bisa diperoleh bila kamu menjadikan sarapan sebagai suatu kebiasaan setiap harinya. Sarapan harus dilakukan secara continue bukan hanya sesekali saja. Sehingga kamu bisa mendapatkan fungsi kognitif, emosi dan perilaku yang lebih bersemangat setiap harinya,” jelasnya.

Selanjutnya: jika kamu gemar berolahraga, khususnya lari. Rasanya penting untuk mengetahui cara penanganan cedera kaki dengan benar. 


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR