Thursday, 21 March 2019

Perempuan Perlu Paham 4 Hal Jika Tak Mau Miskin di Masa Depan

img detail
ISTOCK

Wahai perempuan, pintar-pintarlah mengambil keputusan ini jika tak mau jatuh miskin di masa depan.

Sebagai perempuan, kita harus pintar-pintar dalam mengatur keuangan. Jangan sampai karena masalah keuangan, hubungan dengan pasangan juga tidak baik. Maka dari itu, empat keputusan ini harus diambil jika tidak mau mengalami masalah keuangan hingga jatuh miskin. 

Tidak akan pernah selesai ketika kita membicarakan uang. Apalagi perihal keuangan pribadi yang ternyata menjadi salah satu bahasan paling sensitif saat dibicarakan. Bahkan sekalipun kamu membicarakan dengan pasanganmu. Sebagai perempuan yang sudah dewasa (dan khususnya sudah menikah) seharusnya kita lebih bisa mengatur keuangan dengan baik. Karena akan ada dua penghasilan yang masuk setiap bulannya. Oleh sebab itu, agar keuangan rumah tangga tidak mudah mengalami masalah, berikut adalah empat keputusan yang sebaiknya kamu ambil sebagai perempuan. 

MENABUNG

Bagi sebagian orang, menabung adalah hal yang sulit. Apalagi buat kamu yang hobi shopping. Meski susah dilakukan, seiring berjalannya waktu, kegiatan menabung akan menjadi kebiasaan yang baik untuk keuanganmu. Karena menabung itu membutuhkan kedisiplinan serta komitmen. Daripada menunggu siap, kenapa tidak dilakukan mulai dari sekarang, bukan?

TULISKAN KEINGINAN DAN HARAPAN

Woop ingin tanya: apa keinginan dan harapanmu saat ini? Liburan? Tas branded? Mobil atau rumah? Cobalah tulis diselembar kertas. Ketika kamu menulis keinginanmu, otak bawah sadar kamu juga akan terus memikirkan serta merespons hal-hal yang berkaitan dengan keinginan dan harapanmu tersebut. Dengan menuliskannya, pikiran dan keputusan jadi lebih terarah ke sana. Semangat!

CATAT SETIAP PENGELUARAN

Cara terbaik agar kamu bisa mengetahui keuanganmu adalah dengan mencatat setiap pengeluaranmu. Mencatat pengeluaran yang ada akan sangat membantumu untuk melacak lalu lintas keuangan selama ini. Misalnya, biaya makan dan transportasi yang kamu keluarkan setiap harinya. Cara ini terbukti bisa menghemat pengeluaran dan akan membentuk disiplin diri dalam jangka panjang.

BERINVESTASI

Bukan hanya pandai mencari uang saja, kita benar-benar harus cerdas dalam mengelola keuangan yang dimiliki. Untuk itu, sudah waktunya bagi kita untuk belajar investasi agar uang yang dimiliki bisa berkembang lebih banyak. Tempat belajar investasi terbuka secara luas. Saat ini, sudah banyak contoh investasi yang diterapkan oleh banyak perempuan yang karier. Contohnya investasi saham, rumah, mata uang, tanah, obligasi, dan lain-lain. Tapi lebih baik, kamu memilih jenis investasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk tetap waspada serta hati-hati saat memilih tawaran investasi dari pihak tertentu.

Selanjutnya: jangan sampai keuanganmu mengalami masalah. Karena risiko penyakit ini bisa mengintai kesehatan tubuhmu.


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR