Wednesday, 13 March 2019

Perempuan Tak Bisa Jadi Bos Bukan karena Bodoh tapi…

img detail
Dok. Instagram @alandakariza

Kata Alanda Kariza, perempuan tidak bisa jadi bos bukan karena dia bodoh tapi ada alasan lain. Apa ya?

Kesuksesan seringkali dinilai dari apa yang diraih saat ini. Ketika seorang perempuan sudah menduduki posisi pemimpin baru disebut sukses. Saat perempuan bisa mendirikan perusahaan besar dan menghasilkan miliaran rupiah baru dibilang sukses.

Kalau menurut kamu, yang bisa disebut perempuan sukses seperti apa sih? Penulis terkenal Alanda Kariza berujar, perempuan sukses tak hanya semata-mata dilihat berdasarkan karier tapi juga bagaimana mereka mengaktualisasi diri. 

Saat perempuan tidak bisa menjadi bos bukan berarti mereka gagal melainkan bentuk dari pilihan. Yap, perempuan yang tidak bisa menduduki posisi pemimpin di era emansipasi sekarang bukan karena mereka benar ‘tidak bisa’ atau bodoh namun semua itu pilihan.

“Menurut saya  isu perempuan di Indonesia sangat spesifik dibanding di Amerika. Di Indonesia banyak perempuan yang maju kok. Kadang-kadang kalau perempuan nggak jadi bos bukan karena mereka nggak bisa atau bodoh tapi itu pilihan mislanya mau di rumah saja atau mengurus anak, itu pilihan mereka untuk sukses dalam hidup,” kata Alanda Kariza saat berbincang dengan Woop di acara BincangShopee di Universitas Atma Jaya, Jakarta Selatan.

Alanda Kariza bahkan mengkritik kalau terkadang yang menyulitkan perempuan Indonesia untuk bisa maju juga karena sistem di banyak perusahaan Tanah Air. Ada yang masih ‘membatasi’ antara karyawan pria dan perempuan. Bahkan beberapa perusahaan masih saja tidak mengizinkan baik secara langsung maupun tidak, kalau karyawannya berhijab.

Sementara perempuan itu tanggung jawab terhadap hidup lebih besar. Mereka harus merasakan menstruasi, melahirkan, mengurus anak, semua menjadi beban yang dipikul semua perempuan. Namun masih diberatkan dengan peraturan-peraturan yang membatasi kebebasan perempuan berekspresi. 

Untuk itu, Alanda Kariza berpesan kepada semua perempuan Indonesia agar percaya diri di mana pun dan kapan pun kalian berada. Selama kalian benar, lakukanlah demi mengejar mimpi kalian.

“Untuk mengejar mimpi, percaya diri itu penting banget. Coba lakukan saja apa yang disukai.”

 

Selanjutnya: bagi kamu yang mau sukses, jauhi ya orang-orang dengan kepribadian seperti ini karena hanya akan menjadi racun dalam hidupmu. 


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR