Perhatikan 3 Hal Penting Ini Sebelum Olahraga di Bulan Puasa

Perhatikan 3 Hal Penting Ini Sebelum Olahraga di Bulan Puasa
ISTOCK

Olahraga menjadi rutinitas termalas bagi sebagian orang terutama jika dilakukannya saat bulan puasa. Padahal olahraga saat puasa justru membuat tubuh menjadi lebih bugar. 

Tunjuk tangan: siapa yang malas melakukan olahraga saat bulan puasa? Sepertinya hampir semua orang melakukannya. Woop hanya ingin menyarankan kamu untuk tidak berhenti berolahraga! Sebenarnya, puasa bukan menjadi penghalang buat kamu melakukan olahraga. Oleh sebab itu, kamu tetap disarankan untuk melakukannya. Tujuannya adalah agar tubuh tetap sehat dan bugar (meski sedang berpuasa). Namun sebelum melakukan olahraga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan olehmu, sebab jika hal ini diabaikan malah bisa membuat tubuhmu menjadi lemas dan sakit.

Pilih Waktu yang Tepat

img

Saat puasa, waktu menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Khususnya untuk kamu yang ingin melakukan olahraga. Karena benar-benar harus mencari waktu yang tepat. Tiga waktu yang tepat untuk melakukan olahraga adalah saat pagi hari setelah sahur, menjelang berbuka dan setelah berbuka puasa. Saat kamu ingin melakukan olahraga di pagi hari (setelah sahur), tubuh kamu masih terasa segar berkat asupan nutrisi yang baru saja masuk ke dalam tubuhmu (dari makan sahur). Tapi saat kamu melakukan olahraga saat menjelang buka puasa, hal ini akan menghindari kamu dari efek buruk olahraga minim asupan. Karena energi yang kamu keluarkan setelah berolahraga akan cepat diganti. Sedangkan yang terakhir, kamu bisa berikan waktu satu jam setelah kamu berbuka puasa untuk melakukan olahraga.

Konsumsi Makanan Sehat

img

Makanan dengan nutrisi yang baik dan seimbang harus kamu penuhi ketika ingin berolahraga. Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks saat sahur, seprti gandum, kacang-kacangan, beras merah dan sayuran hijau. Ditambah, dengan makanan yang mengandung  protein yang cukup juga perlu kamu konsumsi. Serta, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih sebanyak (minimal) 2 liter setiap harinya. Hindari minuman yang mengandung kafein, teh dan soda.

Pilih Jenis Olahraga yang Tepat

img

Sudah memiliki waktu dan mengonsumsi makanan yang sehat. Sekarang waktunya untuk memilih olahraga yang tepat untukmu. Saat puasa, pilihlah olahraga yang tidak terlalu berat dan bermain fisik seperti jalan cepat, jogging, yoga, bersepeda, dan stretching. Jenis-jenis olahraga ini memiliki banyak manfaat, karena masuk ke dalam kategori latihan kardiovaskular. Tentunya, kamu bisa melakukan olahraga ini sebanyak 2 sampai 3 kali sehari dengan durasi selama 30 menit. Tapi perlu diperhatikan: jangan pernah memaksakan tubuh jika kamu merasa sedang tidak enak badan.

Selanjutnya: cerita seorang Halima Aden yang akhirnya mematahkan bahwa stigma seorang muslim dan berkulit hitam bisa menjadi model terkenal.