Peringatan Buat Jomblo Buka Puasa Sendiri Tak Bagus Buat Kesehatan

Buka Puasa Sendiri Tak Bagus Buat Kesehatan
shutterstock

Hai kamu yang jomblo, sering buka puasa sendiri karena tak punya pasangan dan jauh dari keluarga? Hati-hati dampaknya bagi kesehatanmu.

Apakah kamu salah satu orang yang merantau ke Jakarta untuk menempuh pendidikan atau bekerja? Hingga harus jauh dari keluarga, apalagi belum punya pasangan pasti sangat terasa ya di bulan puasa ini.

Apa Resiko Buka Puasa Sendiri?

Tidak hanya membuat sedih, sering buka puasa sendirian ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatanmu.

Sebuah penelitian mengungkap orang yang suka makan sendirian cenderung mengalami sindrom metabolik atau kondisi yang terjadi secara bersamaan meliputi tekanan darah tinggi, kolesterol, dan pradiabetes.

Resiko Sindrom Metabolik Pada Pria Single

sendiri
sendiri

Survei dilakukan oleh Obesity Research & Clinical Pratice pada 7.725 orang dewasa di Korea Selatan.

Baca: Perempuan Perlu Tahu, 8 Rahasia Pria yang Tak Diungkap

Hasilnya menunjukkan pria yang makan seorang diri dikaitkan dengan 64% peningkatan risiko sindrom metabolik.

Pria yang belum menikah memiliki risiko tiga kali lipat risiko sindrom metabolik.

Resiko Sindrom Metabolik Pada Wanita Single

img

Efek yang sama juga terjadi pada perempuan.

Baca: Bukan Fisik, Ini yang Membuat Wanita Menarik di Mata Pria

Buat jomblo perempuan yang makan sendirian, 29% lebih mungkin terkenal sindrom metabolik dibanding mereka yang selalu makan bersama orang lain.

Hasil Study

Studi sebelumnya juga pernah diungkapkan oleh Psychologilcal Medicine, “Orang yang cenderung makan sendirian mungkin merasa kesepian, terisolasi secara sosial, dan cenderung akan memilih makan cepat saji (tidak sehat). Makan lebih sedikit buah dan sayuran, serta makan pada waktu yang tidak teratur.”

Baca: Coba Ucapkan! Ini 3 Kalimat Manis yang Selalu Disukai Pria

Tidak hanya itu, Annalijn Conklin, asisten profesor ilmu farmasi di University of British Columbia menyebutkan, “Seseorang yang tidak memiliki pasangan akan berdampak pada kualitas tidur, akhirnya menyebabkan stres. Seperti yang kita tahu bahwa kurang tidur dan stres menciptakan lingkaran yang mengubah perilaku makan seseorang. Itu bisa menjadi salah satu hal yang mendorong pengalaman makan sendirian dan sindrom metabolik.”

Jadi buat para jomblo, akan lebih baik kamu buka puasa bersama teman ya atau sanak saudara yang lain. Jika memang mereka sedang sibuk masing-masing, mungkin mencari kenalan lewat online sambil usaha mengejar jodoh tak ada salahnya. Ajak dia ketemu dan buka puasa bersama. 

Baca: Cara Usir Bau Mulut Saat Puasa Tanpa Harus Gosok Gigi

Baca: Ini Kenapa Rasa Pedas Bisa Berbahaya Saat Berpuasa

Baca: Ini Kenapa Tidur Bisa Berbahaya Saat Puasa