Wednesday, 21 November 2018

Permainan Jadul Ini Ternyata Bisa Memperbaiki Suasana Hatimu

img detail
ISTOCK

Petunjuk: umurnya 34 tahun. 

Permainan ini mungkin tidak secanggih Red Dead Redemption 2 atau seepik Candy Crush Saga, akan tetapi bisa membantumu merasa lebih baik. 

Perkenalkan (kembali), si permainan jadul: tetris, lahir 1984, usia 34 tahun. 

Sebuah ulasan dari tiga studi, yang diterbitkan di jurnal Emotion, menemukan bahwa orang dewasa yang sedang harap-harap cemas menanti kabar (di satu studi, menunggu hasil ujian Pengacara; di studi lain, penawaran pekerjaan) mengalami ketenangan yang lebih signifikan setelah memasuki flow state. (Konsep ini dicetuskan oleh psikolog Mihaly Csikszentmihalyi, Ph.D, yang menggambarkannya sebagai "kondisi di mana orang begitu terpaku pada satu aktivitas sehingga tidak ada lagi yang lebih penting.") 

Nah, menariknya di sini: di studi ketiga, 309 mahasiswa sarjana ditugaskan untuk bermain Tetris saat menunggu temannya menilai keatraktifan fisiknya (ow, mustahil bisa tenang saat menanti apakah kamu cukup cantik/ganteng atau tidak). Permainan tersebut—yep, tetris—terbukti membantu para mahasiswa untuk memasuki flow state, dan sama seperti di dua studi pertama, para partisipan melaporkan mood mereka bertambah baik dan emosi negatif pun berkurang. 

Baiklah, saatnya mengunduh ulang Tetris (gratis, kok!) 

Selanjutnya: Hindari mengirimkan email yang berisi kalimat-kalimat ini. Pembacanya bisa emosi.


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR