Jangan Asal Blokir Sosmed Mantan! Belajar Move-on Sehat dengan Cara Ini!

Jangan Blokir Sosmed Mantan! Ini Move-on yang Lebih Sehat
ISTOCK

Di-unfollow, di-block, atau dibiarkan saja? Apa dampaknya? Semua tergantung keadaan putusnya.

Pertanyaan sederhana: saat putus dengan pasangan, bagaimana dampaknya kepada hubungan di media sosial? Apakah sebaiknya di-unfollow, diblokir, atau biarkan saja siapa tahu? Apalagi jika berakhirnya hubungan diwarnai dengan jeritan, urat di leher,  uraian air mata, lelehan ingus dan semburan air ludah. Singkat kata: seperti drama sinetron di Indosiar. 

Bagaimana Cara Move-on yang Sehat?

Cara Move-on Sehat Menurut Ahli

Dokter perempuan
Cara Move-on Sehat Menurut Ahli

“Pengalaman yang telah kita lalui tidak bisa kita hilangkan dari memori kita. Hal terbaik yang dapat dilakukan dengan pengalaman buruk adalah dengan menerima pengalaman tersebut, memaafkan diri sendiri dan orang lain yang terkait di dalamnya, dan carilah hikmah dari pengalaman tersebut. Sehingga diharapkan di kemudian hari kita tidak mengalami yang serupa,” kata Rena Masri, M. Psi, Psikolog., seorang psikologis klinis dari Q Consulting dan pendiri Cinta Setara.

Baca: Jangan Berteman dengan Mantan Setelah Putus, Ini Alasannya!

Dulu, waktu masih SD, guru pasti pernah bilang bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Itulah sisi baiknya memori: tidak bisa dilupakan sehingga bisa dijadikan bahan pembelajaran. Yep, tidak mudah—yang bilang mudah, sepertinya patut dicurigai—terlebih di era keemasan media sosial yang membuatmu bisa melihat apa yang sedang dilakukannya—dan bersama siapa! Bukannya melanjutkan hidup, malah akhirnya terjebak di parallel universe di mana kamu masih menjadi Juliet dan dia Romeo pra-adegan di balkon. Jadi, apakah kita sebaiknya harus menghapus, memblokir, dan berhenti mengikuti (unfollow) media sosialnya? 

Kenapa Tidak Boleh Blokir Mantan di Sosmed?

WOOP.ID/ALEXIS CALVIN WIJAYA
Kenapa Tidak Boleh Blokir Mantan di Sosmed?

“Jadi, saat kita belum bisa menerima keadaan putus, ada baiknya untuk men-delete foto dan lainnya yang berhubungan dengan mantan. Hal ini dimaksudkan agar kita tidak lagi terpancing secara emosional oleh foto-foto, barang-barang, dan lain sebagainya, yang berhubungan dengan mantan," jawab Rena. Dan, "jika kita merasa masih terganggu dengan melihat aktivitasnya, maka mem-block atau unfollow lebih baik," tegasnya. Terlebih, jika setelah hubungan berakhir, mantan tidak terima, masih terobsesi, mengejar-ngejar, "sedangkan kita sudah yakin untuk putus, keputusan untuk mem-block atau unfollow juga terasa tepat, agar si mantan tidak dapat ‘mengganggu’ kita lagi, jika penyebab putus dikarenakan adanya kekerasan,” paparnya.

Baca: Dita Soedarjo, Bangun Haagen-Dazs, dan Diselingkuhi Mantan

Namun, “jika kita sudah menerima keadaan, tentu hal ini tidak akan banyak mempengaruhi kita. Karena kita sudah bisa ‘move on’ dari keadaan putus,” tambahnya. 

Menurutnya, tidak semua kasus putus cinta itu harus men-unfollow, memblok, atau bahkan menghapus akunnya dari media sosialmu. “Karena akan sangat berbeda kondisinya untuk setiap kasus putus cinta. Untuk itu sangat perlu kita memahami bagaimana perasaan kita setelah putus, agar lebih memudahkan kita untuk melangkah kembali,” sambungnya.

Bilang saja selama berhubungan tidak hanya dia yang kamu pelototin, tapi juga ibunya, tantenya, saudara sepupunya, bahkan keponakannya. Bagaimana dengan "nasib" mereka di akunmu? Entah kenapa, diblok atau di-unfollow terkesan ekstrim. 

Bagaimana Kalau Masih Berhubungan dengan Keluarga Mantan

istock
istock

“Ini juga sangat terkait dengan kasus putus cinta,” tegas Rena. “Jika setelah putus, keluarga mantan menjadi lebih sering menghubungi untuk meminta kembali misalnya, dan hal ini membuat kita terganggu, hal pertama yang bisa kita lakukan adalah mengomunikasi hal ini secara asertif. Kita bisa bilang secara baik-baik, seperti kalau memang sudah tidak mungkin untuk kembali, atau kalau memang kita merasa terganggu dengan telepon atau chat mereka yang sangat sering dan meminta untuk kembali. Bisa juga mengatakan secara jujur jika kita butuh waktu untuk menenangkan diri sehingga untuk waktu tertentu kita minta untuk tidak menghubungi dulu,” jelasnya.

Baca: 8 Cara Move On Terampuh Untuk Lupakan Mantanmu

Sekali lagi, Rena mengatakan: “Sebagai manusia dewasa tentu kita juga harus bertindak dan berperilaku layaknya seorang dewasa. Kita harus terus berusaha untuk bangkit dan kembali menjalani hari-hari dengan positif dan semangat. Maka, nanti jika kita telah tenang dan menerima keadaan, kita akan merasakan bahwa sebenarnya tidak perlu menjauhi mantan atau pun teman dan keluarganya.”

Apa boleh 'Like' Postingan Mantan?

ISTIMEWA/ISTOCK
ISTIMEWA/ISTOCK

Bilang saja perasaanmu (sepertinya) sudah baik-baik saja, tetap menjadikan si mantan dalam lingkaran sosial dunia maya. Satu saat, dia memposting sesuatu, dan jempol sangat gatal untuk bereaksi, apakah oke menyerah pada godaan untuk memberikan komentar atau ikon tidak berdosa, 'like'?

“Boleh saja,” jawab Rena. “Tidak ada salahnya dari sebuah like atau memberikan komenter di sosial media mantan, apalagi jika hubungan kita dengan mantan memang sudah baik dan sudah tidak ada ketegangan. Kita bisa melakukan hal-hal seperti yang kita lakukan terhadap teman kita kepada mantan kita.”

FYI, tidak semua mantan harus diperlakukan seperti virus mematikan. Namun, move on itu perlu.