Monday, 18 March 2019

Riset: Karyawan Lebih Produktif Jika Diberi Makan daripada Uang

img detail
iStock

Menurut studi, ternyata karyawan bisa semakin produktif kalau diberi makanan dibanding dikasih bonus uang. Ha?

Apa kamu sering mengantuk setelah makan siang? Rasa ‘mengantuk’ dan malas tak jarang dialami karyawan sehabis makan siang. Tak heran kalau makanan sering menjadi ‘korban’ yang disalahkan ketika karyawan kurang produktif di tempat kerja. 

Namun ternyata untuk memotivasi karyawan agar bekerja lebih keras, memberinya makanan menjadi pilihan terbaik dibandingkan uang. Lho?

 

 

Sama seperti kopi, makanan bisa menjadi motivator yang cukup baik untuk menjadi lebih produktif di tempat kerja. Salah satu makanan yang disarankan adalah pizza. Selain cepat disuguhkan, enak, dan bisa dikonsumsi bersama-sama dengan rekan lainnya. Akan tetapi jangan lupa, pizza kaya akan kalori dan tidak benar-benar sehat!

Meski demikian, tetap saja hampir tak ada orang yang mengatakan no pada pizza. Dan sekarang, ada alasan lain mengapa kamu tidak perlu ragu mengatakan yes pada pizza. Makan pizza di tempat kerja sebenarnya dapat meningkatkan tingkat produktivitasmu, berdasarkan sebuah penelitian.

Studi dilakukan oleh seorang psikolog Amerika Dan Ariely yang ingin mengamati pola produktivitas pekerja dalam suatu organisasi. Untuk itu, ia memutuskan untuk melakukan penelitian di sebuah pabrik di Isreal. Pekerja mendapat ditawarkan insentif agar bisa bekerja lebih baik. Ada tiga opsi, pertama tawaran makanan yang enak (gratis), klaim bonus (uang), atau pujian dari bos.

Ketika datang untuk mengklaim hadiah, sekelompok besar orang memilih tawaran mendapatkan pizza gratis, baru kemudian karyawan yang memilih pujian atas pekerjaan mereka, dan terakhir mendapatkan bonus uang yang hanya dipilih oleh beberapa orang.

Dokter juga mempelajari dan menganalisis pola produktivitas karyawan selama lebih dari seminggu. Pada akhir minggu pertama ditemukan bahwa orang-orang yang memilih untuk makan pizza tampak lonjakan besar dalam tingkat produktivitas mereka yakni sekitar 6,7%. Pekerja yang memilih untuk menerima pujian berada di urutan kedua dengan peningkatan produktivitas hingga 6,6%.

Sementara karyawan yang memilih untuk mendapatkan bonus uang paling tidak produktif dari ketiganya dan hanya sedikit yang menunjukkan perubahan dalam motivasi kerja mereka. Faktanya secara keseluruhan, pola produktivitas mereka turun lebih dari 13% sepanjang minggu.

Studi ini menyoroti fakta bahwa uang tidak lagi menjadi motivator terbesar di tempat kerja. Makanan yang merupakan kebutuhan karyawan lebih daripada uang. Ini juga menekankan bahwa memberikan motivasi seperti pujian dapat benar-benar efektif membantu karyawan bekerja lebih keras. 

Pujian dan makanan hampir memiliki kekuatan yang sama dalam memotivasi karyawan secara keseluruhan. Melihat hal ini, perusahaan lebih disarankan sering-sering membelikan makanan enak untuk karyawan jika ingin mereka lebih produktif dalam bekerja. 

 

Selanjutnya: ini tujuh rahasia perempuan agar wangi sepanjang hari. 


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR