Sunday, 26 May 2019

Riset: Sering Berdebat dengan Pasangan Bikin Panjang Umur?

img detail
iStock

Apa kamu sering berdebat dengan pasangan? Ternyata ada sisi positifnya juga menurut penelitian.

Mengungkapkan kekesalan kepada pasangan dengan bersikap terbuka ternyata tak ada salahnya lho. Mungkin sebagian besar dari kita pernah merasa bersalah setelah berdebat dengan pasangan tapi tampaknya ada manfaat yang tidak pernah kita ketahui.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Biobehavioral Medicine, pasangan yang sering berdebat akan suatu hal cenderung hidup lebih lama dan lebih sehat. Maksudnya?

Para peneliti mempelajari 192 pasangan untuk jangka waktu lebih dari 32 tahun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perilaku seseorang memengaruhi kematian pasangan mereka. Sepasang insan manusia ditanyai pertanyaan terkait dengan bagaimana mereka bereaksi terhadap konflik dalam hubungan. Apakah mereka suka memendam emosi, mengasingkan diri, bereaksi berlebihan terhadap situasi, atau lebih suka mengatakan apa pun yang ada dalam pikiran masing-masing?

Para peneliti menyimpulkan bahwa pasangan yang memiliki cara serupa dan terbuka dalam menanggapi pertengkaran cenderung hidup lebih lama. Dibandingkan mereka yang memiliki gaya ‘bertengkar’ yang berbeda. 

Misalnya saja ketika kamu lebih suka melepaskan semua dalam di pikiranmu dan pasangan melakukan hal yang sama, maka kalian akan memiliki peluang lebih besar untuk hidup lebih lama. Tak hanya itu, hubungan juga lebih awet.

Para peneliti pun berpendapat bahwa cara terbaik untuk menangani konflik adalah dengan membicarakannya daripada membungkam emosimu. Tetap diam pada hal-hal yang mengganggumu tidak pernah mengarah pada solusi, bukan?

Nah orang-orang yang mengekspresikan perasaan dan pendapat mereka kepada pasangan cenderung memiliki lebih sedikit pertengkaran dan bisa mencari solusi bersama. Yang paling penting, melampiaskan emosi membantu untuk memahami pasangan dan hubungan ke arah lebih baik. Ini juga berdampak positif pada kesehatan pasanganmu.

Jadi, lain kali ketika kamu bertengkar dengan pasangan, perhatikan cara kalian berdua merespon situasi tersebut. Jika kamu merasa tidak puas setelah konflik selesai atau melihat pasangan memiliki cara berbeda untuk mengatasinya (seperti diam memendamnya), ini merupakan saat yang tepat untuk dibahas. Karena akan memengaruhi kelangsungan hidup kalian ke depannya.

 

Selanjutnya: bingung mau menyiapkan budget pernikahan? Woop punya saran buat kamu para calon pengantin. Intip di sini ya ulasannya.


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR