Satu Hal Ini Sebaiknya Tidak Dilakukan Di Hari Pertama Kerja

Satu Hal Ini Sebaiknya Tidak Dilakukan Di Hari Pertama Kerja
ISTOCK

Senyum dan dengar.

Ah, dapat kerjaan baru dan godaan menceritakan segala sepak terjang dan prestasi agar teman sekantor baru terkesan—memang sangat menggiurkan. Yah, paling tidak mereka jadinya tahu bahwa kamu bukan anak kemarin sore. Namun menurut seorang ahli karier, mendongengkan kisah hidupmu di hari-hari pertama di kantor baru seharusnya menjadi satu hal sebaiknya tidak dilakukan. 

Alih-alih non-stop cerita tentang pacarmu yang lucu dan daftar prestasi ala kandidat Nobel, lebih baik menanyakan tentang mereka. "Untuk mendapatkan respek dari para kolegamu dan atasanmu pada hari pertama, fokuslah pada mereka, bukan dirimu," kata Jason Sackett, seorang eksekutif dan penulis kontributor di Compassion@Work: Creating Workplaces that Engage the Human Spirit, kepada Glassdoor.

Oleh karena kamu muka baru, merepet tak ada habisnya tentang dirimu cenderung membuat orang lain terganggu dan kesal. Itulah sebabnya Sackett memberitahukan bahwa cara terbaik untuk memikat hati teman di kantor yang baru adalah dengan menjadi seorang pendengar yang baik. "Penuhi diri dengan rasa ingin tahu dan tanyakan tentang peranan, bakat, pencapaian kolega baru agar mereka mendapatkan kesan bahwa kamu adalah pendengar dan kolaborator yang baik, dan orang yang mau belajar," katanya. 

Dengan mengalihkan fokus dan memperjelas bahwa kamu bersedia belajar dari orang lain—tidak hanya berceloteh tentang dirimu sendiri—akan membuat orang lain tenang dan tidak ragu menjalin hubungan kerja denganmu. Dan jangan khawatir: akan ada masanya kamu bisa menceritakan tentang pacar kepada mereka—segera. 

Selanjutnya: Dan jangan lupa untuk membantu kariermu di kantor baru itu sukses dan lancar jaya, pastikan 6 hal ini ada di sekitar mejamu. Selain itu, tips ini juga sangat berguna terutama untuk memulai percakapan dengan orang baru di kantor!