Wednesday, 14 November 2018

Satu Hal yang Perlu Kamu Lakukan Tiap Hari untuk Menjaga Otak Sehat

img detail
ISTOCK

Dari Senin sampai Minggu.

Bolehkah Woop minta tolong sesuatu? Kirimkan atau berikan link artikel ini kepada seseorang yang kamu tahu/kenal selalu nyinyir dan sepertinya membutuhkan pengetahuan bagaimana menjaga pikiran, otak lebih sehat dan ingatan tetap tajam (tetap tidak lupa bahwa setiap manusia berbuat kesalahan, termasuk netizen maha benar). Sebelum dan sesudahnya terima kasih atas kesediaannya. 

Berita bagusnya ini: mencegah penurunan kognitif lebih gampang dari yang kamu pikirkan. Nuh-uh, tidak membutuhkan permainan super rumit. Hal ini ditegaskan oleh Jeesica Langbaum, seorang ahli pencegahan Alzheimer kepada NPR dan membeberkan langkah-langkah untuk menjaga otak tetap setajam silet. 

Menurutnya, permainan otak bisa tidak cukup mencegah serangan Alzheimer, karena permainan serupa terlalu fokus pada hal tertentu. Hanya melibatkan sepersekian porsi dari fungsi otakmu. "Duduk saja dan mengerjakan sudoku kemungkinan tidak akan menjadi satu cara untuk mencegahmu menderita penyakit Alzheimer," katanya. Hanya permainan yang lebih kompleks, yang biasa digunakan di studi yang bisa membuat perbedaan, menunda pelemahan kognitif. 

Akan tetapi, menurutnya, yang benar-benar membantu adalah interaksi sosial (yep, serius, ini tidak mengada-ada). "Mereka yang melakukan banyak interaksi sosial, terutama pada masa paruh baya, memiliki risiko lebih rendah mengidap demensia Alzheimer di kehidupannya nanti," kata Langbaum. "Berada di sekitar orang memiliki manfaat untuk otak kita." 

Berbagai penelitian mendukung penuh pernyataan tersebut. Misalnya, studi ini menemukan bahwa semakin seseorang merasa kesepian, semakin tinggi risiko terhadap demensia. Ngeri, ya? Sialnya, obat kesepian sulit ditemukan Untungnya trik mengurangi rasa sepi dan isolasi sosial cukup sederhana: kelilingi dirimu dengan manusia lain. Entah itu berarti bergabung menjadi anggota sebuah klub, atau nongkrong bersama teman kantor. 

Well, ini artinya: aktif di WhatsApp grup dan atur jadwal ngopi cantik! Meski, jangan lupa untuk sebisa mungkin mengeliling dirimu dengan orang-orang yang positif. Dan jika selama ini yang membuatmu malas bertemu seseorang adalah bau mulutnya, lakukan ini


MORE ARTICLES


MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR