Monday, 15 April 2019

Satu ‘Kebohongan’ yang Selalu Diucapkan Orang Sukses, Apa ya?

img detail
iStock

Ternyata orang-orang sukses memiliki satu kebohongan yang hampir semua sama. Apa ya?

Bohong itu tidak disarankan. Namun bagaimana bila kebohongan yang bisa memicu kesuksesan? Hal tersebut diungkap oleh miliuner Mark Cuban. Jutawan tersebut mengatakan bahwa setiap orang harus membohongi diri sendiri lebih dulu kalau mau menjadi pengusaha. 

“Satu hal bila ingin menjadi pengusaha; berbohong. Kita semua melakukannya, kita membohongi diri sendiri dan memulai menjadi pengusaha,” kata miliuner yang membangun perusahaan teknologi raksasa Mark Cuban. 

Mark Cuban menjelaskan, sebagian besar pengusaha sejujurnya sangat takut ketika mencoba mengambil langkah pertama untuk meluncurkan bisnis baru sehingga mereka harus berbohong kepada diri sendiri. Pengusaha berbohong dengan mengatakan ‘Saya harus bisa’, dan bersemangat untuk maju.

 

 

Mark Cuban mengingatkan kalau kamu tidak bisa menjadi pengusaha jika tak dapat meyakinkan diri sendiri untuk bergerak maju. Tidak hanya sekadar berbicara atau memberikan ide demi bisa berhasil tapi harus ‘membohongi’ diri sendiri.

“Di balik kebohongan itu ada want-trepreneur. Orang-orang berbicara tentang melakukannya tapi tidak mengambil langkah itu. Dan kemudian kamu sedikit membohongi diri sendiri dengan berkata, “Saya bisa melakukan ini”. Kamu mungkin sedikit takut tapi kamu tahu kamu bisa. Kamu sudah mengambil satu langkah sederhana,” kata Mark Cuban. 

Menurutnya, setiap pebisnis harus bisa menyeimbangkan antara keyakinan buta terhadap ide-ide mereka dan mampu melihat kenyataan pahit di masa depan. Apa kamu sudah pernah melakukannya?

“Kamu harus melihat perusahaanmu sendiri dan bersikap jujur pada diri sendiri. “Apa yang sudah dilakukan dengan baik?”. Namun juga jujur dan katakan, “Apa yang tidak kita lakukan dengan baik? Di mana tantangannya?”, dan kemudian, “Bagaimana kita memperbaikinya?”,” ujar Mark Cuban menyarankan. 

Mark Cuban pun mengimbau kepada para pengusaha kalau tidak ada perusahaan maupun produk yang sempurna. Setiap pebisnis harus bisa mengenali dan mengatasi kelemahan perusahaan mereka sendiri sebelum pesaing mereka yang melakukannya. 

 

Selanjutnya: mau sukses? Rutinitas sederhana ini harus dilakukan setiap hari. 


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR