Friday, 28 December 2018

Satu Trik Mudah untuk Tahu E-commerce Itu Palsu atau Asli

img detail
ISTOCK

Lagi-lagi... bantuan mbah Google.

Selalu ada cerita horor (langsung dari teman atau membaca di media sosial) tentang pengalaman berbelanja daring. Menepiskan suara hati yang bilang 'tidak mungkin benar', tetap saja memesan, karena siapa sih yang tidak tergiur dengan ongkir gratis dan harga super duper mega murah? Alhasil, barang tidak pernah tiba dan duitmu melayang entah ke rekening siapa. 

Dengan begitu banyak jumlah retail di dunia www, memang sulit membedakan apakah situs tersebut nyata atau hanya ingin merampokmu. 

Untungnya, ada cara cepat untuk memastikan apakah situs jual-beli tersebut penipuan bisa dipercaya: Google Reverse Image search

Apa itu? Alih-alih menelusuri jaringan internet dengan kata-kata kunci atau menjawab pertanyaan, reverse image search mencari apa pun dan semua contoh barang secara online. Untuk mencobanya, kamu hanya perlu membuka situs jual beli yang dimaksud dengan menggunakan Chrome atau Safari, klik kanan gambarnya dan pilih "Search Google for Image" dan tadaaa... terjawab pertanyaanmu. 

Reverse image search akan memperlihatkan di situs lain mana gambar yang sama muncul. Jika kamu lihat gambar tersebut muncul di berbagai situs e-commerce, terutama situs internasional, atau (lebih buruk lagi) hanya di Pinterest, solusi terbaik adalah tidak membelinya dari situs itu karena kemungkinan besar penjual tidak memiliki produk tersebut. 

Jadi, ketika ragu, dengarkan kata hati. Sayangi dirimu dan rekening bankmu dan gunakan Google reverse image search

Selanjutnya: Apakah kamu ingin membeli sesuatu atau jalan-jalan ke sebuah tempat tahun depan? Ini cara sederhana untuk memastikan gaya hidup seperti yang kamu inginkan terwujud di tahun 2019. 


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR