Wednesday, 07 November 2018

Sebelum Menceritakan Rahasia Kepada Teman, Pertimbangkan Hal Ini

img detail
ISTOCK

Ternyata ada bahayanya. 

Menjaga rahasia dari teman baikmu ibarat makan burger tanpa kentang goreng—rasanya ada yang salah. Namun sebelum kamu mengikuti nafsu menggebu-gebu untuk menumpahkan kebenaran yang tersembunyi, pertimbangkan ini: membocorkan sebuah rahasia ke sobat karib itu bisa memberikan dampak negatif pada kesehatan mental mereka. 

Menurut sebuah meta-analisis yang diterbitkan di Journal of Experimental Social Psychology di awal tahun ini, setiap orang rata-rata menyimpan 13 rahasia dalam hidupnya, dan well... kemisteriusan itu memiliki dampak terhadap mental. Di satu sisi, seperti yang dilaporkan oleh Psychology Today, para peneliti menemukan bahwa membuka dengan hati-hati informasi yang disembunyikan bisa menciptakan rasa intimasi antara dua orang. Para penulis studi ini menekankan bahwa ada "hikmahnya menjadi orang yang dicurhati." Namun di sisi lain, sebuah rahasia juga bisa menjadi beban bagi orang lain, dan pada akhirnya mempengaruhi kesehatan mereka. Artinya, kamu sedang membagikan kesusahanmu dengan orang lain. 

Satu studi yang muncul di penelitian menemukan bahwa besar kecilnya "kesusahan" yang kamu transfer kepada temanmu tergantung pada seberapa dekat kalian (baca: apakah mereka kamu undang atau lupakan saat ulang tahunmu). Kepada 200 orang partisipan diberikan 2900 rahasia yang ada hubungannya dengan pencurian, trauma, perselingkuhan, dan sebagainya. Hasilnya di akhir studi, mereka yang berstatus BFF merasa semakin dekat tapi juga semakin terbeban atas rahasia yang diceritakan. Sementara mereka yang membagikannya kepada geng yang lebih besar bahkan merasa lebih terbeban dengan pemberitahuan tersebut. 

Jadi bagaimana menghadapi situasi yang bikin hati gelisah dan mulut gatal ini? Menurut psikolog Susan Krauss Whitbourne, Ph.D, sebelum membocorkannya kepada teman baikmu, kamu harus benar-benar memikirkan segala akibat yang mungkin terjadi jika rahasia tersebut terbongkar. "Ingat bahwa kamu juga membebani pendengar pengakuanmu tersebut dan pertimbangkan risiko dan keuntungannya," katanya. Jika kamu merasa bahwa mengungkapkan rahasia bisa membuat kalian lebih dekat, jangan lupakan cemilan dan minuman. Jika tidak, simpan sendiri saja. 

Selanjutnya: percaya atau tidak, katanya kamu hanya butuh 7 teman untuk bahagia.


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR