Sering Lupa Nama Orang? Kamu Membuat Hidup Mereka Seperti Tidak Berharga

Sering Lupa Nama Orang? Kamu Membuat Hidup Mereka Seperti Tidak Berharga
ISTOCK

Mulai sekarang: cobalah ingat nama orang!

Ada banyak hal yang membuat suasana canggung. Misalnya, disangka pencuri karena rekaman CCTV memperlihatkan seseorang yang mirip denganmu (tiru cara David "Ross Geller" Schwimmer untuk menangkisnya). Atau, kentut di tengah rapat penting (sori). Contoh lain, ketemu seseorang yang "kayaknya kenal" tapi lupa namanya. Atau sebaliknya, dia lupa namamu. Krik krik krik. Kedua skenario itu tidak menyenangkan (percayalah, Woop sering mengalaminya) dan kelanjutannya pun ternyata tidak menyenangkan. 

Di sebuah studi kecil yang diterbitkan di jurnal APA PsyNet, para peneliti meminta 56 mahasiswa untuk mendokumentasikan setiap saat seseorang lupa mereka dalam periode dua minggu pada permulaan tahun ajaran baru. Dari sekian banyak informasi yang dituliskan, para responden ini mencatat pengalaman ketika seseorang menyangka mereka adalah orang lain atau teman melupakan janji temu. Dua hal tersebut—seperti yang sudah bisa diperkirakan—membuat para partisipan merasa bersalah. "Merupakan sebuah hal besar untuk bisa mengakui bahwa kamu tidak mengingat seseorang," kata Laura Kin, seorang psikolog, kepada The Atlantic. "Sebuah penghinaan, meski itu merupakan sebuah kesalahan yang tidak disengaja dan sama sekali tidak ada maksud untuk menyakit orang lain. [Akan tetapi ketika kamu lupa nama seseorang, atau menyangka mereka orang lain], sama artinya kamu mengatakan bahwa mereka sama sekali tidak penting." 

Ouch. 

Para peneliti menemukan bahwa melupakan nama seseorang bisa saja menyebabkan penurunan "rasa memiliki arti berada di dunia." Selain itu, bisa merusak hubungan (atau, potensi hubungan yang bisa terjadi di masa depan) karena seakan-akan memberi signal bahwa kamu tidak peduli. Jadi, intinya, usahakan sekuat tenaga untuk mengingat nama mereka. 

Apakah kamu memiliki kesulitan untuk mengingat nama seseorang? Menurut para ahli, ada beberapa cara menghindari situasi canggung seperti ini, misalnya dengan fokus pada nama mereka dan mengulang-ulangnya, atau konsentrasi pada wajah mereka, atau menghubungkan nama mereka dengan seseorang atau sebuah objek yang sudah ada di dalam memori. Atau dengarkan wangsit dari penghuni Reddit: perkenalkan teman yang sedang bersamamu dengan orang itu sehingga mereka pasti akan menyebut namanya. Trik klasik lainnya: minta mereka untuk menuliskan nama/ nomor kontaknya di ponselmu. Ah, ini pasti mudah karena hampir mustahil melupakan ponsel. Benar 'kan?

Selanjutnya: Alasan sibuk sering kali membuatmu lupa banyak hal, tapi tahukah kamu bahwa sibuk bukan berarti produktif? Ini cara agar produktif dan tidak terlalu sibuk sehingga tidak lupa makan atau teman.