Tuesday, 26 February 2019

Tembok Putih & 4 Kesalahan Lain Mendekorasi Rumah Kecil

img detail
iStock

Baca dengan seksama ya, kesalahan yang mungkin sering kamu lakukan tanpa disadari saat mendekorasi rumah kecilmu.

Hasrat perempuan yang ‘haus’ akan belanja juga terjadi ketika membeli furniture. Beberapa perempuan ‘termakan’ tren sehingga menempati rumah kecil mereka dengan banyak barang yang malah membuat hunian terlihat sempit. Kamu salah satunya? Ayo ngaku…

Nah, coba deh ketahui kesalahan mendekorasi rumah ketika ruang yang kamu tempati tidaklah luas.

  • Banyak Furniture Kecil

“Terkadang saya pergi ke rumah orang dan mereka tak merencanakan tata letaknya dengan baik. Mereka berakhir dengan memiliki tiga jenis penyimpanan berbeda walaupun fungsinya sama misal rak buku ketinggian medium, tiga laci lemari, dan lemari kecil,” ujar Tali Roth dari Tali Roth Designs, New York, Amerika Serikat.

Tali menyarankan untuk menghindari punya banyak furniture kecil yang memenuhi ruangan. Jual atau sumbangkan saja demi berinvestasi dalam beberapa furniture besar tapi cocok dengan ruangan. Kamu juga bisa memanfaatkan kreativitas di dinding demi tidak memenuhi ruang sempit dengan barang.

  • Cat Dinding Putih

Apa warna tembok rumahmu? Cat putih rupanya menjadi salah satu kesalahan mendekorasi rumah yang kecil. Mengapa?

“Arsitektur dan gaya rumah tertentu tidak kondusif buat warna putih. Ketika kamu mengecat semua dinding ruang kecil dengan warna putih dan menempatkan furniture terlalu terang maka cenderung seperti terlihat di sel penjarang yang dirancang IKEA,” kata Tali. 

Jika ingin warna cerah, pilih nuansa krem, gading, atau pasir yang kaya akan dimensi. Selain itu, dinding juga terlihat lebih ‘hidup’ dan menjadi strategi desainer interior untuk menambah kesan menyenangkan pada ruang kecil. 

  • Tidak Memanfaatkan Semua Ruang

Beberapa orang juga tidak memanfaakan semua ruang di rumahnya. Terkadang furniture hanya menumpuk pada salah satu ruang tapi ada ruangan yang kosong. 

Misalnya saja kamu biarkan kamar loteng kosong tanpa barang padahal bisa diisi lemari buat menyimpan benda lamamu. “Tantang imajinasi desainmu dengan mengubah hal-hal tersebut menjadi elemen arsitektur yang indah. Tidak harus selalu membuat lemari permanen coba pakai kabinet,” saran Tali.

  • Kebanyakan Karpet Kecil

Demi terlihat elegan maka kamu ‘menebarkan’ karpet kecil ke seluruh ruangan. Namun ini menjadi kesalahan mendekorasi rumah kecil. “Orang sering percaya bahwa kamar yang kecil membutuhkan karpet kecil. Namun secara visual, karpet bisa menentukan ukuran area. Jadi karpet ruang tamu yang besar akan memberi ilusi lebih lapang. Membeli beberapa karpet kecil akan terlihat seperti kumpulan keset kamar mandi di ruangan itu,” jelas Betsy Helmuth dari Affordable Interior Design, London, Inggris.

  • Tidak Menggunakan Cermin

Padahal ini sering disarankan tapi jarang dilakukan. Orang masih mengabaikan ‘kekuatan’ dari cermin. Cermin bisa menambah perspektif ke sebuah ruangan untuk terlihat lebih luas. Selain itu, mereka bisa memantulkan cahaya yang masuk melalui jendela dan lampu sehingga mencerahkan ruangan. 

Desainer interior Emma Beryl  baru-baru ini menjelaskan kalau banyak cermin menarik di pasar yang sama bagusnya dengan karya seniman ternama untuk menjadi hiasan dinding. Kenapa tidak dicoba?

 

Selanjutnya: Jika sudah tahu kesalahan itu, perbaiki yuk. Kamu juga perlu paham mengenai mitos minum air putih dua liter per hari. Baca di sini ya…


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR