Monday, 19 November 2018

Terbiasa Menutup Dudukan Toilet dengan Tisu Sebelum Dipakai? Jangan Lakukan Lagi

img detail
ISTOCK

Ternyata lebih tidak higienis.

Apa yang membuatmu susah tidur selama akhir pekan? Apakah fakta bahwa kemarin, kamu lupa mengalasi dudukan toilet ketika berada di mal? Tidak perlu. Serius. 

Seorang ahli membocorkan bahwa melakukan hal tersebut—menghabiskan lembaran terakhir tisu di toilet umum untuk dudukan sebelum meletakkan pantat di atasnya—sepertinya bukan ide terbaik karena sebenarnya kamu sedang meningkatkan risiko terpapar lebih banyak bakteri. 

Kok bisa, tanyamu dengan skeptis. Mana mungkin tisu mengandung lebih banyak kuman dibandingkan dudukan toilet? 

Well, para super hygiene-conscious dengarkan ini: seorang ahli kesehatan dari New York Universiy mengatakan bahwa dudukan toilet memang sengaja didesain  untuk mengusir bakteri, sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh tisu toilet. Berbicara kepada Self, Tierno mendeklarasikan bahwa jenis STD sangat jarang ditemukan di dudukan toilet dan sepanjang kamu tidak mengekspos dirimu dengan cairan tubuh orang lain—kamu akan baik-baik saja. 

Dan oh, tentang mengapa tisu bukanlah pelindung yang tepat, itu karena kertas ini memiliki tekstur kasar dan didesain untuk menyerap, sehingga menjadikannya sebagai "magnet" bakteri. Belum lagi, fakta bahwa supaya mudah digapai, gulungan tisu biasanya diposisikan persis di samping toilet (publik atau rumah). Dengan jarak yang dekat ini, maka setiap kali toilet digunakan ratusan kuman-kuman mengerikan dirilis ke udara dan beterbangan ke seluruh ruangan. Termasuk, ke tisu yang menempel di pantatmu. Sedap. 

Hal ini bisa dihindari: setiap orang yang menggunakan toilet, harus menutup dudukannya saat flush berfungsi. Namun, sepertinya akan sulit mendikte setiap orang (apalagi di toilet umum) untuk melakukan ini. 

Menurut Tierno, bahkan wastafel dapur. Kalau kamu masih parno, Tierno menyarankan untuk mencuci tanganmu dengan benar (20 detik, jangan lupakan bagian bawah kuku). Bersihkan handuk, gagang pintu dengan teratur. Ketika ragu dan jijik melihat sebuah toilet, kecuali kebelet, jangan digunakan. 

Intinya, perkara dudukan toilet dan tisu seharusnya tidak membuatmu khawatir. Pasalnya, masih ada banyak hal yang lain kotor dari toiletmu. Ambil contoh, alat-alat di gym (400 kali lebih kotor dari dudukan toilet), ponselmu (terkecuali kamu membersihkannya dengan disinfektan setiap hari), alat pel, dan tas serta kuas makeup-mu. Yikes. 

 

VIDEO: Toilet favorit dan ter-arrrgh versi Aquila Firrina, Chitra Subyakto, Nazla Alifa, Dindra Nashriyah, dan Ellyse Sinsilia. 

Selanjutnya: Bersihkan toiletmu sekarang. Dan tahukah kamu bahwa bersih-bersih merupakan metode yang ampuh mengurangi stres, terutama bagi introver? Itu, dan beberapa aktivitas ini

MORE ARTICLES


MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR