Monday, 20 May 2019

Terlalu Sering Main Instagram Bisa Sebabkan Depresi?

img detail
istock
Yuk, batasi penggunaan media sosialmu mulai sekarang jika tidak ingin depresi.

 

Seberapa sering kamu menggunakan media sosial sehar-hari, terutama Instagrami? Berapa banyak aktivitas yang sudah kamu bagikan ke dalamnya? Di zaman yang tinggi akan perkembangan teknologi ini memang menuntut kita untuk selalu terhubung dengan media sosial. Namun kemunculan media sosial seperti Instagram, Twitter, maupun Facebook ternyata mempunyai sisi positif dan negatif.

Sisi positifnya, media sosial dapat memberimu informasi secara cepat walaupun tidak semua informasi yang diberitakan akurat. Sebaliknya, sisi negatif dari sosial media lumayan berbahaya yaitu dapat meningkatkan stres dan memicu depresi. Kok bisa?

Pernah mendengar bahwa salah satu platform media sosial akan menghilangkan fitur like terkait dengan tingginya tingkat insecure seseorang? 

Seperti yang dilansir dalam jurnal Personality and Social Psychology, “Seseorang akan merasa bahagia saat bermain di media sosial. Ketika orang lain berkomentar atau memberikan ‘like’ di akun media sosialmu, otak akan melepaskan dopamin karena tubuh merasa senang. Semakin banyak interaksi yang diberikan terasa menyenangkan namun lama-lama ini bisa menjadi perilaku mengancam.”

Ketika tidak mendapatkan like atau komentar positif, kamu akan merasa ‘haus’ akan feedback dari orang-orang sekitarmu. Secara tidak sadar kamu akan terdorong untuk merasa diakui, dikenal, dan dipandang baik. Itu adalah awal dai keserakahan di dunia maya. Hal ini akan berdampak buruk di kehidupan nyatamu. Banyak yang rela berbohong bahkan sampai berutang hanya untuk mendapat pengakuan di media sosial.

Itulah mengapa banyak orang yang mengalami stres dan depresi karena terlalu banyak menghabiskan waktu di media sosial. Lebih baik mengurangi penggunaannya dan menjalani kehidupan nyata dibanding menjalani 'kepalsuan' di dunia maya. Coba untuk menjauhkan smartphone-mu sehari saja dan lihat pengaruh apa yang terjadi dalam hidupmu.

Berani coba?

 

Selanjutnya: Kamu perempuan sehat? Makanan ini pasti ada di kulkas mu.


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR