Monday, 18 March 2019

Ternyata 4 Bagian Tubuh Ini Tidak Perlu Sering-sering Dibersihkan

img detail
ISTOCK

Tidak semua bagian tubuh harus dibersihkan terus-menerus, termasuk keempat bagian tubuh ini. 

Sejak dulu, kita diajarkan oleh orangtua untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Maksudanya agar kita terbebas dari penyakit yang bisa menyerang tubuh dengan mudahnya. Tapi ternyata, ada beberapa bagian tubuh yang sebenarnya tidak perlu terlalu sering dibersihkan. Wah, serius? Berbagai alasan muncul, (katanya) bagian tubuh yang kita ini mempunyai mekanisme sendiri untuk menjaga kebersihannya, dan jika kita membersihkannya terlalu sering justru akan berdampak buruk bagi kesehatannya. Lho?

Nah, berikut ini adalah  beberapa bagian tubuh yang sebenarnya  tidak perlu sering dibersihkan:

TELINGA

Yep, kamu pasti sudah sering mendengarnya, bahwa sebaiknya telingan jangan terlalu sering dibersihkan. Namun tetap saja masih kerap kamu abaikan. Biasanya kita membersihkan telinga menggunakan cotton bud. Tapi sebetulnya memakai cotton bud itu tidak disarankan karena bukannya membersihkan kotoran justru malah membuatnya semakin masuk dan menumpuk ke dalam telinga. Waduh! Yang perlu diketahui, telinga kita mempunyai sistem pembersihkan sendiri. Jadi, tidak perlu membersihkannya terlalu sering.

KULIT

Melakukan eksfoliasi sangat disarankan karena memang bermanfaat untuk menghilangkan sel kulit mati. Namun jika terlalu sering melakukan eksfoliasi, kulit akan kering, bahkan mengalami iritasi. Oleh karena itu, sebaiknya batasi eksfoliasi kulit sebanyak dua kali saja dalam seminggu.

VAGINA

Sama seperti telinga, vagina kita juga memiliki sistem pembersihannya sendiri. Membersihkannya dengan sabun yang terlalu sering justru akan menghilangkan keseimbangan flora alami vagina yang malah akan berpengaruh pada kesehatannya. Cukup basuh dengan air hangat setiap mandi dan pastikan untuk menjaganya agar tidak lebih lembap.

RAMBUT

Siapa yang keramas setiap hari? Sepertinya mulai sekarang, kebiasaan itu harus dihilangkan. Karena jika terlalu sering mencuci rambut, bukannya membuatnya lebih bersih, tapi malah bikin kehilangan kelembapannya. Akibatnya, rambut akan menjadi kering dan mudah rusak. Cobalah mengubah kebiasaan tersebut dengan melakukan keramas dua kali sekali saja. Hal itu sudah cukup untuk menjaga minyak alami rambut.

Selanjutnya: Ingin selalu wangi? 7 cara rahasia ini bisa kamu pakai untuk bisa wangi sepanjang hari.


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR