Ternyata: Bermalas-malasan dan Nonton Netflix Seharian di Rumah Baik untuk Lingkungan

Ternyata: Bermalas-malasan dan Nonton Netflix Seharian di Rumah Baik untuk Lingkungan
ISTOCK

Berita terbaik selama sebulan ini.

Jangan beranjak dari sofamu hari ini, karena: tetap di rumah, tidak kemana-mana, pakai daster seharian dan nonton seharian merupakan salah satu hal terbaik yang bisa kita lakukan untuk Bumi. 

Paling tidak, itu menurut sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Joule, yang menemukan bahwa bersantai di sofa dan menonton film/ serial favoritmu memakan lebih sedikit energi dibandingkan mencari hiburan di luar rumah. 

Para peneliti ini menemukan bahwa orang Amerika semakin sering menghabiskan waktu di rumah (pada tahun 2012 delapan hari lebih banyak dibandingkan 2003), yang mengakabitkan berkurangnya konsumsi energi nasional sebanyak 1,8 persen. Lebih mengejutkan lagi, penggunaan energi sekarang ini tetap saja lebih sedikit meskipun kita menonton teve dan menggunakan komputer lebih lama (empat jam lebih lama) dibandingkan tahun 2003. Plus, berdiam di rumah juga berarti lebih sedikit melakukan perjalanan dengan mobil dan mengurangi penggunaan energi di bangunan-bangunan non-residensial (misalnya kantor). 

Penelitian ini menyimpulkan bahwa alasan terbesar kita lebih sering betah di rumah adalah semakin banyak orang bekerja dari rumah, acara TV dan film semakin bagus, dan penggunaan komputer yang semakin tinggi. 

Artinya: jika bosmu bertanya "kenapa tidak masuk kantor," perlihatkan hasil penelitian ini.