Ini Rahasia Pemicu Perselingkuhan dan Cara Mencegahnya

Ini Rahasia Pemicu Perselingkuhan dan Cara Mencegahnya
cara mencegah perselingkuhan

Cegah jika mungkin. Simak baik-baik apa pemicu dan cara mencegahnya agar kamu tidak mengalami perselingkuhan

WOOP.ID - Beberapa tahun silam sebuah jurnal genetik diterbitkan dan mengguncang dunia: sejumlah besar laki-laki di Asia merupakan keturunan langsung dari Genghis Khan. Tepatnya, 0,5% laki-laki di dunia ini, kira-kira 16 juta individual yang hidup sekarang. 

Maksud 'keturunan langsung' ini adalah para pria tersebut memiliki kromosom Y yang sepertinya berasal langsung dari seseorang yang hidup kira-kira 1000 tahun yang lalu. Padahal, menurut catatan resmi, Khan menikah dengan istrinya ketika dia berusia 16 tahun dan memiliki empat anak. 

Pemicu Terjadinya Perselingkuhan

Tidak ada yang mengklaim bahwa Khan berselingkuh. Namun, jika mengingat salah satu perkataannya yang terkenal yakni salah satu hobinya, selain menghabisi musuh-musuhnya dan mencuri kuda-kuda, adalah memerkosa istri dan anak mereka. Dan mengetahui seberapa luas Asia dan Eropa yang ditaklukkannya, logikanya: Khan juga berhubungan dengan perempuan lain saat memiliki istri. 

Oleh karena kita tidak berada di masa dan lokasi ketika Khan "berselingkuh", kita tidak tahu persis alasan dia melakukannya. Apakah dorongan adrenalin? Kekuasaan? Cuaca?

Namun, jika berbicara tentang masa sekarang, kira-kira adakah penyebab-penyebab umum seseorang berselingkuh?  

Dwita Priyanti, M.Psi, Psikolog,  seorang psikolog anak dan keluarga dari Rumah Dandelion dan Raqqi Consulting mengatakan: “Ada beberapa pemicu yang bisa membuat seseorang berselingkuh dari pasangannya.” Dua di antaranya, yang menurutnya merupakan pemicu utama perselingkuhan adalah: 

Pemicu Utama Perselingkuhan

ISTOCK
ISTOCK
  1. Adanya permasalahan dalam rumah tangga. "Perselingkuhan terkadang diawali dari kebutuhan pasangan untuk mendapatkan sesuatu dari pihak lain yang tidak bisa dipenuhi pasangan resminya." 
  2. Karakter pasangan yang tidak ketahui dengan jelas. "Mulai dari latar belakang atau permasalahan pribadi yang dapat memicu timbulnya perselingkuhan."

Baca: 5 Hal yang Dapat Membuat Seorang Setia Menjadi Selingkuh

Alasan Mengapa Seseorang Berselingkuh Menurut Psychologytoday

5 Peringkat Zodiak Yang Paling Mudah Selingkuh
Alasan Mengapa Seseorang Berselingkuh Menurut Psychologytoday
  • Hasrat untuk mendapatkan rasa penghargaan dari orang lain
  • Tidak ada lagi cinta
  • Balas dendam
  • Kurangnya kepuasaan emosional
  • Kurangnya kepuasan seksual dalam pernikahan.

Oleh karena kita tidak pernah tahu apakah memang ada "sesuatu" dalam pernikahan Gengkhis Khan dengan istrinya, rasanya kurang adil untuk menyalahkan istrinya atau berpikir kekuasaan seksual dalam hubungan keduanya sangat kurang. Atau spekulasi apapun. 

Yang pasti biasanya ada alasan di balik perselingkuhan. Dan ada cara untuk mencegahnya terjadi di dalam hubunganmu. Berikut tips dari Wita. 

Cara Mencegah Perselingkuhan

1. Komunikasi

ISTOCK
ISTOCK

Kunci hubungan yang lancar adalah adanya sebuah komunikasi yang terbuka. Hal-hal yang penting harus dikomunikasikan, seperti:

  • Batasan/prinsip-prinsip/komitmen ketika berinteraksi, bersosialisasi, atau mulai berteman dengan orang lain.
  • Aturan-aturan ataupun privacy yang harus dihargai oleh masing-masing pasangan
  • Ketika mulai menyadari ada hal yang janggal dari perilaku, sebaiknya dikomunikasikan sebelum terjadi kesalahpahaman lebih lanjut.
  • Keberatan atau perasaan tidak nyaman yang kamu rasakan terkait perilaku pasangan.

2. Keep Things Interesting

Mengenal Istilah Nymphomaniac
2. Keep Things Interesting

Selayaknya tumbuhan yang perlu diberi pupuk secara terus menerus agar bisa tumbuh, begitu juga dengan hubungan. Kamu bisa memberikan kejutan-kejutan baru atau memiliki ritual-ritual tertentu yang dilakukan dengan pasangan.

Baca: Ini Kenapa Menggoda Bisa Berbahaya Menjadi Perselingkuhan

3. Hargai Pasangan

SHUTTERSTOCK
SHUTTERSTOCK

Mengkritik pasangan lebih gampang, tapi ketika pihak lain dikritik secara terus menerus akan menimbulkan perasaan tidak nyaman. Menghargai hal-hal kecil yang dilakukan oleh pasangan akan membuatnya sadar bahwa kamu menghargainya.

Lalu bagaimana jika perselingkuhan itu sudah terlanjur terjadi? 

iStock
iStock

“Ketika perselingkuhan sudah terjadi, hal yang dapat dilakukan pasangan adalah meminta maaf dan memaafkan, yang selanjutnya diteruskan dengan berkomitmen terkait kelanjutan dari hubungannya. Lakukan komunikasi terbuka, bicarakan hal-hal yang dirasakan oleh masing-masing pihak, penyebab dan juga rencana ke depan. Jika trauma terlalu mendalam, kamu dapat meminta bantuan kepada pihak ketiga, seperti psikolog. Mintalah bantuan untuk mengarahkan masalah yang kalian alami,” tutupnya.

Baca: Ini Kenapa Banyak Orang Selingkuh Padahal Sudah Menikah

Baca: Banyak Belum Tau, Ini 5 Tanda Pasangan Selingkuh

Baca: Pertanda Baik? Ini 7 Rahasia Arti Mimpi Pacar Berselingkuh