Tidur dengan Lampu Mati VS Nyala, Mana yang Terbaik?

Tidur dengan Lampu Mati VS Nyala, Mana yang Terbaik?
iStock

Kamu ‘tim’ tidur dengan lampu mati atau nyala? Ini jawaban yang terbaik untukmu.

Setiap orang punya kebiasaan tidur berbeda-beda. Ada yang senang tidur dalam keadaan gelap, beberapa orang baru bisa pulas dalam keadaan lampu nyala. Kamu biasanya seperti apa?

Jika kamu ‘tim’ tidur dengan lampu menyala maka harus mengubahnya mulai saat ini! Tahukah kamu kalau kebiasaan tidur malam dalam kondisi terang bisa berbahaya buat kesehatan?

Para ahli menyarankanmu untuk tidur di ruangan gelap karena cahaya dapat memengaruhi kualitas tidurmu. Tidak adanya cahaya mengirimkan sinyal ke tubuh bahwa sudah waktunya untuk beristirahat. 

img

Sementara paparan cahaya membuat pikiran dan tubuhmu tetap terjaga bahkan di malam hari. Itu jelas akan mengganggu ritme sirkadian tubuhmu. Tidur di ruangan terang di malam hari mengubah jam tidur internal tubuh.

Studi yang dilakukan oleh Northwestern University dan dipublikasikan dalam jurnal Sleep menunjukkan kalau tidur di ruangan yang terang membuatmu rentan terhadap diabetes. Para peneliti merekrut 20 sukarelawan dewasa sehat berusia antara 18 hingga 40 tahun untuk melakukan penelitian ini.

Pada malam pertama, mereka meminta relawan tidur di ruangan yang gelap gulita. Sedangkan di malam kedua, peneliti meminta setengah dari sukarelawan untuk tidur di ruangan gelap dan sisanya di kamar yang terang.

Para peneliti mencatat tanda-tanda vital, aktivitas gelombang otak, gerakan kaki, dan mata semua sukarelawan saat mereka tidur. Mereka bahkan mengambil sampel darah setiap jam untuk mengukur kandungan melatonin (hormon yang membantu mengendalikan jam internal tubuhmu). 

Di pagi hari para peneliti melakukan tes toleransi glukosa pada semua sukarelawan.Hasilnya ditemukan bahwa tidur di bawah cahaya terang dapat meningkatkan resistensi insulin pada seseorang, penyebab diabetes. 

Ditemukan juga kalau kualitas tidur yang buruk dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan obesitas. Meskipun penelitian ini hanya memakai sampel sedikit namun cukup untuk menunjukkan bahwa tidur di ruangan terang bukanlah pilihan yang baik.

Jadi, masih mau tidur dalam keadaan terang? Coba ubah kebiasaanmu menjadi lebih sehat. Ingat, sedikit perubahan bisa memberikan banyak perbedaan lho.

Selanjutnya: kelamaan tidur saat puasa bisa berbahaya buat kesehatan? Baca artikel selengkapnya di sini..