Tuesday, 21 May 2019

Tips Menjaga Dompet Agar Tidak 'Menipis' Sebelum Gajian

img detail
ISTOCK

Gajian memang tinggal menghitung hari namun dompet sudah mulai menipis. Sebenarnya, adakah cara tetap memiliki uang sambil menunggu gajian tiba’ di dompet? Tenang, Woop punya caranya!

Biasanya yang terjadi di akhir bulan adalah dompet yang semakin menipis bahkan ‘kering’. Betul? Yep, padahal hal itu terjadi karena kebiasaan kita yang tidak bisa mengatur keuangan dengan benar. Tanpa disadari, seringkali kita mengeluarkan uang untuk hal-hal yang kurang penting sehingga membuat dompetmu kian ‘menipis’. Tidak mau kan setiap akhir bulan kamu miskin mendadak? Untuk menjaga keuanganmu yang tetap stabil di akhir bulan, Woop akan memberikanmu tips agar dompetmu tidak bolong. 

  • Lakukan Segalanya Sendiri

Penting diingat: jangan mudah terlena dengan sesuatu yang sifatnya instan! Misalnya menghindari meminta tolong jasa orang lain untuk mencari penyewanya. Padahal hal itu bisa kamu lakukan sendiri, misalnya dengan membuat iklan di media sosial ataupun mempromosikannya kepada teman-temanmu. Intinya, gunakan teknologi yang ada dibanding kamu harus memberi komisi kepada orang lain.

  • Memiliki Asuransi

Asuransi itu sangat penting dalam hidupmu! Namun memiliki banyak asuransi justru akan membuatmu kewalahan. Pilihlah asuransi yang memang benar-benar kamu butuhkan seperti asuransi kesehatan, kendaraan, dan rumah. Ingat, tidak semua asuransi yang kamu miliki akan terpakai nantinya. Dibanding harus menguras pengeluaran tiap bulan hanya untuk membayar asuranasi, kamu hanya perlu memaksimalkan dengan memiliki dua atau tiga asuransi saja dalam hidupmu.  

  • Jangan Keseringan Menggunakan Kartu Kredit

Memang, kartu kredit itu berguna saat kamu tidak memiliki uang. Karena kamu bisa membayarnya dengan menyicil. Namun menggunakan kartu kredit untuk membeli suatu barang disaat keadaan ‘kantong’ sedang menipis itu tidak disarankan. Ingat, masih banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan uang, bukan hanya untuk membayar kartu kredit saja. Intinya, gunakan kartu kreditmu dengan bijak!

  • Tidak Membuat Anggaran

Tanpa kamu sadari, membuat perencanaan anggaran itu penting. Dengan adanya anggaran, kamu bisa tahu seberapa banyak pengeluaran yang kamu buat setiap bulannya. Jadi kamu sangat disarankan untuk membuat anggaran, agar tidak miskin di akhir bulan.

  • Terlalu sering Membeli Barang 

Membeli barang yang kamu sukai memang tidak dilarang, selama kamu sudah menyiapkan anggaran khusus untuknya. Dengan memiliki anggaran khusus, kamu tidak akan mengganggu kondisi keuangan untuk pengerluaran lainnya. Satu hal yang perlu diingat adalah untuk selalu memikirkan kembali sebelum kamu membeli barang dengan uangmu. 

 

Selanjutnya: Jangan pernah menaruh makanan-makanan ini di dalam kulkas. 


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR