Tren Kecantikan: CBD-InfusedApakah Efektif untuk Kulit?

Tren Kecantikan: CBD-InfusedApakah Efektif untuk Kulit?
ISTOCK

Seorang dermatolog menjelaskan.

Apa yang kamu pikirkan jika mendengar kata cannabis? Pasti yang terlintas dipikiran adalah narkoba. Sama, Woop juga begitu! Belakangan ini, cannabis menjadi terkenal dalam dunia perawatan kulit. Istilah kerennya: CBD-infused beauty products.

Dr. Ruri D. Pamela, Sp.Kk., seorang dermatolog dari RS dr. Suyoto, Jakarta, mengatakan: “Cannabinoid berasal dari tanaman cannabis yang salah satu kerjanya untuk kulit adalah untuk menghambat inflamasi atau peradangan. Sering juga disebut-sebut sebagai ‘the next “it” ingredients in skincare’, karena memiliki manfaat yang cukup banyak namun masih kontroversial.  Penelitian ilmiah yang menggunakan cannabis di bidang dermatologi juga masih sedikit dan sebagian besar penelitian, baru diujicobakan pada hewan-hewan saja. Jadi, belum bisa diketahui apakah betul-betul bermanfaat bagi kulit manusia secara scientific.”

Jadi, kita belum bisa tahu apa sajakah manfaatnya?

Cannabis diketahui memiliki efek anti peradangan (anti inflamasi) yang dapat membantu meredakan keluhan pada orang-orang dengan eczema atau penyakit psoriasis, atau untuk meredakan kemerahan di kulit akibat iritasi,” ujarnya.

Meskipun cannabis memiliki efek anti peradangan dan bisa meredakan kemerahan, tapi di Indonesia, cannabis masih illegal dan dilarang. Yang jadi pertanyaan, apakah cannabis sudah banyak digunakan untuk kosmetik di Indonesia? Bagaimana dengan regulasinya?

“Belum ada [yang menggunakannya],” jawabnya. “Karena di Indonesia sendiri cannabis termasuk ke dalam golongan obat psikotropika maka biasanya akan dimasukkan ke regulasi obat dan bukan kosmetik,” ujar Ruri.

Lalu, adakah efek dari penggunaan cannabis yang berlebihan pada kulit?

“Risiko yang timbul adalah alergi akibat kandungan cannabis-nya atau bahan pembawa (vehikulum) pada skincare produknya. Sebelum menggunakannya ketahui manfaatnyanya sebelum mencoba, tidak hanya karena iklan yang menjanjikan, ketahui juga efek samping dan risiko yang akan ditimbulkan ke depannya,” tuturnya. 

Untuk amannya sih, konsultasikan ke dokter sebelum kamu mencoba tren satu ini. Oleh karena di Indonesia sendiri cannabis masih dimasukkan ke dalam golongan obat psikotropika, untuk sekarang lebih aman mencoba produk biasa yang umum ditemukan di toko-toko kesayanganmu. Seperti lima produk ini yang mampu membuat wajahmu lebih bersinar dalam waktu cepat.