Friday, 10 May 2019

Wahai Perempuan Boros, Ikuti Aturan Keuangan Ini di Bulan Puasa

img detail
ISTOCK

Penting buat kamu yang boros, coba lakukan empat tips berikut agar keuanganmu lancar sampai Hari Raya.

Apakah kamu merasa saat bulan puasa pengeluaran kita malah semakin membengkak? Jika kamu merasa demikian berarti kamu tidak sendiri. Saat bulan puasa, kita memang dituntut untuk menahan diri dari segala sesuatu yang bersifat buruk, baik itu omongan ataupun tindakan, salah satunya adalah boros.

Pada kenyataannya, sifat boros ini tidak bisa dihilangkan saat bulan puasa malah cenderung meningkat karena banyak kebutuhan pokok yang harganya terus merangkak naik. Ditambah lagi, kita yang masih belum juga bisa menahan diri untuk tidak berbelanja secara berlebihan yang mengakibatkan kantong ‘jebol’. Sebenarnya hal ini bisa kamu waspadai sejak awal, tentunya dengan cara terbaik dalam mengelola keuangan yang ampuh untuk mengatasi hal ini. Lantas, apa yang harus dilakukan? 

  • Lebih Hemat

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperketat keuangan untuk kebutuhan dapur. Yep, jika kamu ingin konsisten menahan diri untuk tidak boros selama bulan puasa, maka mulailah perhatikan kebutuhan belanja bulanan, khususnya buat dapur. Cobalah untuk tetap membeli bahan-bahan pokok dengan wajar. Jangan terlalu berlebihan! Selain itu juga, siapkan menu berbuka dan santap sahur sesuai kebutuhan saja. Untuk itu, susunlah menu berbuka puasa dan sahur selama sebulan penuh. Tentunya, hal Ini akan membuat kamu lebih hemat dalam mengelola keuangan selama bulan puasa. 

  • Pilih Kebutuhan Lebaran

Meskipun Lebaran masih jauh, tapi mulailah untuk memperhatikan kebutuhan apa saja yang diperlukan. Sebab Lebaran akan menjadi puncak pengeluaran selama bulan puasa. Banyak dari kita yang terkadang lupa dan tidak terkendali saat belanja untuk kebutuhan Lebaran (hanya karena ingin dilihat menarik oleh semua orang). Namun hal ini perlu kamu sadari dari sekarang, Lebaran tidak harus dirayakan dengan bermewah-mewah, cukup dengan kesederhanaan saja. Maka dari itu, cobalah untuk memilah-milah kembali hal apa saja yang akan dibeli untuk kebutuhan Lebaran. Belilah sesuai kebutuhan, jangan karena keinginan saja. 

  • Perhatikan Keperluan Mudik

Apakah kamu akan mudik pada tahun ini? Mudik menjadi sebuah tradisi Indonesia saat Lebaran tiba. Tentunya, mudik juga membutuhkan pengeluaran yang cukup besar, dari mulai akomodasi, transportasi, bekal makanan, hingga kebutuhan yang tidak terduga. Oleh karena itu, perlu diperhatikan kembali hal-hal apa saja yang menjadi kebutuhan kamu saat mudik. Buatlah daftar kebutuhannya, agar ketika kamu membeli barang-barang tersebut tidak akan diluar kendali. Ingat! Mudik itu mahal. 

  • Gunakan THR dengan Tepat

Tidak hanya mudik, Lebaran juga identik dengan THR (Tunjuangan Hari Raya), siapa yang sudah tidak sabar? Bagi para pekerja, THR akan dibayarkan sebanyak satu kali gaji. Dengan kata lain, kamu akan mendapat uang dua kali lipat dari gaji perbulannya. Namun sayangnya, banyak orang yang tidak menggunakan THR dengan baik. Mereka biasanya malah semakin menggila untuk berbelanja. Padahal THR bisa digunakan sebagai tabungan yang dapat membantumu setelah Hari Raya selesai. Jadi, pergunakanlah uang THR yang kamu dapatkan sebijak mungkin. Jika memang kamu tidak terlalu membutuhkannya pada Lebaran ini, maka uang tersebut bisa kamu tabung.


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR