Warna-Warni Beras dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Warna-Warni Beras dan Manfaatnya untuk Kesehatan
ISTOCK

Yep, beras menjadi bahan makanan penting untuk hidup kita. Woop ingin tanya, ada berapa jenis beras yang kamu ketahui? Yuk, kenali macam-macam beras mulai sekarang.

Dikenal sebagai negara agraris, sebagian besar penduduk Indonesia berprofesi menjadi petani. Tidak heran jika beras adalah komoditi penting di Indonesia. Namun perlu diketahui beras tidak hanya berwarna putih saja, adapun beberapa jenis beras lain seperti beras merah, hitam, cokelat, dan ketan. 

Sebagai sumber karbohidrat, umumnya masyarakat di Indonesia mengkonsumsi nasi yang berasal dari beras. Tidak hanya dari warnanya, beras juga dapat dibedakan dari bentuk dan manfaatnya bagi kesehatan. Mau tahu, apa saja manfaatnya? Read on to know more.

Beras Putih

img

Jenis beras ini paling sering kita konsumsi. Beras putih ini diperoleh dari padi yang sudah digiling dan dibersihkan sehingga warnanya bisa menjadi putih. Karena sudah melalui banyak proses untuk mendapatkan warna putihnya, beras ini jadi punya kandungan gizi lebih rendah dan GI (glycemic index) lebih tinggi dibanding beras lainnya. Teksturnya pulen ketika sudah dimasak.

Beras Merah

img

Katanya sih sangat baik untuk kesehatan. Warna merahnya sendiri diperoleh dari kandungan gen antosianin. Beras ini memiliki GI rendah. Di mana makanan tak langsung diubah menjadi gula sehingga gula darah dalam tubuh pun relatif stabil. Selain itu beras merah juga mengandung lebih banyak serat dan kaya nutrisi seperti zat besi, antioksidan, dan vitamin B6. Untuk tekstur beras merah lebih keras daripada beras putih sehingga membutuhkan waktu masak lebih lama dan mudah basi.

Beras Coklat

img

Pernah mendengar tentang beras cokelat? Yep, beras coklat merupakan beras yang diproses dengan menghilangkan kulit padinya saja tapi tidak sepanjang proses beras putih. Teskturnya kasar dan warnanya coklat kusam. Namun kandungan nutrisinya lebih banyak dibanding beras putih. Selain itu, seratnya juga banyak sehingga punya GI yang lebih rendah. Ada juga kandungan vitamin, mineral, fitonutrien, dan lemak esensial di dalamnya. Itu sebabnya, beras cokelat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti menurunkan risiko kanker, diabetes, dan lemak esensialnya juga bisa mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

Beras Hitam

img

Perlu diingat, beras hitam beda dengan beras ketan hitam ya! Beras hitam tidak akan lengket kalau dimasak dan warnanya akan berubah jadi ungu tua. Teksturnya agak pera sangat berbeda dengan beras putih. Beras ini kaya akan kandungan vitamin E, zat anti-inflamasi, dan antioksidan. Jika dikonsumsi secara rutin, beras hitam sangat baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh, melindungi dari radikal bebas, anti-aging, menurunkan kolesterol, diabetes, mencegah anemia, serta mengobati penyakit AlzheimerWow!

Beras Ketan