10 Cara Menghilangkan Kantung Mata dengan Bahan Alami

10 Cara Menghilangkan Kantung Mata dengan Bahan Alami
Cara Menghilangkan kantung Mata

Memiliki kantung mata yang hitam tentu akan mengganggu penampilan. Inilah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkannya.

Semua orang pasti ingin tampil sempurna dan nggak ada celah, termasuk di bagian wajah. Nggak ada jerawat, kulit halus dan mulus, dan wajah nggak berminyak menjadi impian semua orang.

Namun, terkadang kantung mata sering mengganggu penampilan seseorang. Apa lagi yang kantung matanya mulai terlihat lingkar hitam. Pasti membuat kadar percaya dirinya turun.

Area gelap dan kantung di bawah sendiri muncul karena berbagai faktur, mulai dari stres, kurang tidur, perubahan hormon, gaya hidup yang nggak sehat, sampai faktor turunan. Memang sih, banyak produk kecantikan yang bisa menjadi salah satu cara menghilangkan kantung mata. Namun, untuk seseorang yang memiliki kulit sensitif kandungan kimia dalam produk tersebut malah bisa membuat masalah baru.

Nah, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, inilah beberapa cara menghilangkan kantung mata dengan bahan-bahan alami dengan cepat dan tentunya lebih aman.

Cara Menghilangkan Kantung Mata Membandel

1. Kentang Mentah

Kentang Mentah
Kentang Mentah

Cara paling basic adalah dengan menggunakan parutan kentang atau dengan memblender kentang yang belum dimasak. Lalu, ambil segenggam hasil parutan atau hasil blender kentang dan tempelkan di bagian mata. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

2. Sendok Beku

Sendok Beku
Sendok Beku

Mungkin banyak yang nggak percaya dengan cara ini, tapi banyak juga yang pernah mencobanya dan berhasil. Caranya adalah dengan menyimpan dua buah sendok besi ke dalam freezer sepanjang malam. Ketika pagi, basuh wajahmu dengna air, lalu letakkan bagian punggung sendok ke kedua mata yang tertutup. Pertahankan posisi tersebut hingga sendok menjadi hangat.

3. Susu Dingin

Susu Dingin
Susu Dingin

Menggunakan susu dingin secara teratur ternyata juga bisa menghilangkan kantung mata sekaligus menyegarkan mata dan kulit di sekitarnya lho. Caranya adalah dengan mencelupkan kapas ke dalam susu bersuhu dingin, lalu tempelkan ke area kantung mata dan diamkan beberapa saat. Setelahnya cuci wajah kamu hingga bersih.

Baca Juga: Review Innisfree No Sebum Mineral Powder – Cocok Banget Buat si Kulit Berminyak!

4. Jus Jeruk

Jus Jeruk
Jus Jeruk

Bukan hanya menyegarkan, jus jeruk juga memiliki manfaat untuk menghilangkan kantung mata lho. Kamu hanya perlu mencampur jus jeruk dengan beberapa tetes gliserin, lalu usap ke bagian kantung mata.

5. Minyak Almond

Minyak Almond
Minyak Almond

Vitamin E yang terkandung di dalam minyak almond ternyta dapat menetralisir lingkaran hitam di matamu dan membuat kulit lebih cerah. Kamu bisa gunakan pada setiap pagi hari dan malam hari untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

6. Lidah Buaya

Lidah Buaya
Lidah Buaya

Selain terkenal memiliki khasiat yang baik untuk rambut, lidah buaya alias aloe vera juga bisa menghilangkan kantung mata. Caranya adalah dengan menumbuk lidah buaya sampai halus, lalu tempelkan di area kantung mata selama 10 menit. 

Baca Juga: Fitnes Wajah, Andalan Perawatan Ellie Goulding dan Meghan Markle

7. Minyak Kelapa

Minyak Kelapa
Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki banyak kandungan yang baik untuk kulit, seperti vitamin E dan antioksidan yang bisa membantu memperbaiki kuit kering dan sel kulit yang rusak, lalu ada juga kandungan asam laktat untuk mengencangkan kulit. Kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa untuk menghilangkan kantung mata dengan cara usapkan minyak kelapa di area kantung mata dan pijat perlahan selama beberapa menit. Biarkan sampai kamu bangun tidur di pagi hari.

8. Kantung Teh Celup

Kantung Teh Celup
Kantung Teh Celup

Ternyata, teh celup juga bisa digunakan untuk menghilangkan kantung mata. Caranya pun cukup sederhana dengan rendam kantung teh ke dalam gelas berisi air, lalu dinginkan sebentar di lemari es. Setelah itu kompres matamu dengan kantung teh tersebut selama 10-15 menit di pagi hari. Ini karena kandungan tannin dalam kantung teh celup akan mengurangi pembengkakakn dan perubahan warna lingkar mata. Jenis teh yang direkomendasikan adalah teh hijau atau teh chamomile.

9. Tomat

Tomat
Tomat

Tomat adalah bahan yang bagus untuk menghilangkan kantung mata. Kamu bisa mencampurkan satu sendok teh jus tomat dengan satu sendok teh jus lemon dan usapkan di bawah mata. Biarkan mengering sekitar 10 menit, lalu cuci dengan air bersih. Lakukan ini selama dua kali dalam sekali, dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa meminum jus campuran tomat, lemon, dan daun mint setiap harinya.

10. Mentimun

Mentimun
Mentimun

Ini adalah salah satu cara yang paling populer, yaitu dengan memakai potongan mentimun lalu menempelkannya di mata. Simpan irisan mentimun di dalam kulkas semalaman sebelum dipakai keesokan harinya. Letakkan irisan mentimun yang telah didinginkan pada kedua mata dalam keadaan tertutup. Biarkan selama 10-15 menit sambil berbaring.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan kantung mata yang paling ampuh dan patut kamu coba. Cara-cara tersebut juga bukan hanya dapat menghilangkan kantung mata dan lingkar hitam di area mata lho, tapi juga bisa membuat matamu terlihat lebih berbinar juga. Semoga tips ini bermanfaat ya, ladies.

Selanjutnya: Dari sekian banyak museum di Jakarta, ternyata beberapa sudah berusia ratusan tahun. Museum-museum itu sudah ada sejak zaman Belanda, loh!