5 Langkah Untuk Menjaga Kesehatan Kuku

5 Langkah Untuk Menjaga Kesehatan Kuku
WOOP.ID

Pusing dengan kuku kering, kusam, sering mengelupas, atau mudah patah? Ini solusi untuk menjaga kukumu tetap cantik dan terawat.

Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang sering terlihat, dan tentu saja menyenangkan untuk dirias. Siapa sih, yang tidak senang punya kuku cantik dan berkilau? Tahukah kalian, bahwa merias kuku dengan mewarnai atau menggunakan berbagai macam polish ternyata dapat berpengaruh pada kesehatan, bahkan hingga merusak kuku? Kalau sudah begini, bisa saja kita direpotkan dengan kuku yang tak hanya terlihat kusam, tapi juga tidak sehat dan harus mengeluarkan biaya ekstra untuk mengembalikan kilaunya.

Untungnya, merawat dan menjaga kesehatan kuku tangan dan kaki ternyata tidak sulit dan nggak perlu juga menghabiskan waktu dan biaya banyak untuk perawatan mewah di salon. Ingat, kondisi kuku dapat menggambarkan kebersihan dan kesehatan seseorang; jadi rajin-rajinlah merawat kuku dengan baik agar terlihat bersih dan cantik.

Jaga kebersihan

Sebelum melakukan apapun pada kukumu, pastikan kondisi tangan bersih dan bebas kotoran. Bersihkan kuku dengan menggunakan sabun dan gosok perlahan dengan sikat gigi. Bulu-bulu halus yang ada pada sikat gigi akan lebih mudah membuang kotoran yang mengendap di sudut kuku yang dapat menyebabkan infeksi. Selain itu, pembersihan ini juga baik untuk mengangkat sel-sel kulit mati di sekitar kuku. Lakukan secara rutin supaya kukumu tetap bersih.

Tip: Kuku adalah bagian yang cukup halus dan sensitif, jadi hati-hatilah ketika membersihkan. Hindari menggunakan nail tools dengan ujung runcing ke dalam bagian kuku, karena dapat menyebabkan ujung kuku terpisah dari kulit dan kuku akan jadi mudah patah.

Potong kuku secara rutin

Memotong kuku secara berkala ternyata juga penting. Kuku panjang memang cantik, tapi kuku panjang juga lebih mudah patah dan mengering. Oleh karena dari itu, tentukan jadwal rutin untuk memotong kukumu.

Sebelum memotong kuku, sebaiknya melunakkan kuku terlebih dahulu dengan cara merendam kuku di air hangat yang dicampurkan dengan 1-2 tetes cuka apel dan minyak zaitun. Diamkan sekitar 15 menit, setelah itu keringkan. Gunakan gunting dan alat potong khusus untuk kuku, dan mulai potong dari bagian samping, kemudian teruskan sampai sisi lainnya. Untuk area kutikula, dorong secara perlahan menggunakan nail tools khusus, dan jangan dipotong.

Rajin memotong kuku juga dapat membuatmu terhindar dari bakteri yang selama ini menumpuk dan bersarang pada kuku tangan dan kaki.

Kurangi perawatan salon

Terlalu sering melakukan perawatan kuku di salon akan membuat kuku menjadi rapuh. Hal ini karena kuku sering terpapar unsur-unsur kimia dari obat-obat yang digunakan, atau karena terkena peralatan yang tidak higienis. Cobalah untuk melakukan perawatan rutin kukumu sendiri dengan bahan-bahan alami, seperti merendam kuku dalam perasan jeruk dan madu untuk menghilangkan warna kusam dan melembutkan, atau menggunakan sari lidah buaya yang bermanfaat untuk menguatkan dan membuat kuku terlihat bening.

Gunakan Pelembap

Usapkan pelembap pada kuku dan kutikula sebelum tidur agar kuku tetap sehat dan terhindar dari kulit kering dan pecah-pecah. Selain kuku, jangan lupakan juga telapak tangan dan kaki. Pakai lotion atau cream dan usapkan pada telapak dan punggung tangan dan kaki secara rutin, untuk menjaganya tetap lembut dan bernutrisi.

Be healthy - from the inside

Lakukan perawatan tak hanya dari luar, tapi juga dari dalam tubuh. Minum air putih sesuai anjuran ahli kesehatan bisa membuat kukumu lebih sehat dan indah. Tak hanya itu, jaga asupan gizi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan suplemen seperti kalsium, biotin dan Vitamin E. Selain produk susu dan keju yang berguna untuk menguatkan kuku, makanan yang mengandung biotin seperti tomat, wortel, telur, serta ikan sarden dan salmon, dapat bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan kuku.