Apa Itu Mandelic Acid? Benarkah Ampuh Mengobati Jerawat?

Apa Itu Mandelic Acid? Benarkah Ampuh Mengobati Jerawat?
ISTOCK

Seorang ahli kulit menjelaskan. Yuk kita simak apa saja yang harus kita ketahui tentang mandelic acid!

Untuk yang fasih dan peduli dengan dunia kecantikan—dan kulitnya, mungkin sudah tidak asing dengan istilah AHA (Alpha Hydroxy Acid), BHA (Beta Hydroxy Acid), atau Hyaluronic Acid dan bahan asam lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Satu yang kepopulerannya masih kurang adalah Mandelic Acid

Untuk tahu lebih lanjut tentang Mandelic Acid, Woop bertanya kepada seorang ahli kulit dan kelamin, dr. Astrid L. Harianto, M. Kes, Sp.KK., dari RS St. Anna, Kendari, Sulawesi Tenggara.

Semua yang Harus Kamu Tau Tentang Mandelic Acid

Apa Itu Mandelic Acid?

“Mandelic acid merupakan salah satu bahan anti aging dalam dunia kesehatan kulit,” kata dr. Astrid. Lanjutnya, “Mandelic acid adalah derivat dari alpha hydroxy acid [AHA] yang berasal dari almond. Mandelic acid biasanya bersifat lebih halus dari alpha hydroxy acid bila masuk ke dalam kulit.”

Apa Manfaat Mandelic Acid?

Menurut Astrid, bahan ini bermanfaat untuk mempercepat penumbuhan sel kulit baru dengan cara membuang sel kulit yang sudah tua pada permukaan kulit. Seperti yang kita tahu, sel-sel kulit yang sudah tua biasanya membuat penampilan terlihat lebih kusam, serta menimbulkan kerutan pada wajah.

Selain itu, Astrid menambahkan bahwa ini juga dapat digunakan pada seseorang dengan flek dan jerawat. Pada flek, mandelic acid ini berfungsi sebagai pengoreksi kekusaman kulit. 

"Oh iya ada satu kegunaannya lagi, mandelic acid bersifat sebagai antibakteri yang dapat membantu pengobatan jerawatan atau acne," ujarnya. 

Jika kamu sering melakukan peeling, maka mandelic acid merupakan salah satu bahan kimia yang dioleskan pada wajahmu. Tentunya, di bawah supervisi dermatologi dengan konsentrasi tertentu. 

Bagaimana Jika Dibandingkan Dengan AHA?

Nah, di sini salah satu kekurangan mandelic acid. Menurut Astrid, mandelic acid "tidak sekuat alpha hydroxy acid, yaitu yang memang berfungsi untuk mengurangi kerutan dan flek pada kulit wajah."

Selain itu, “adapun efek samping dari penggunaan mandelic acid yaitu bisa berupa iritasi dan kemerahan. Hal ini bisa terjadi jika tidak digunakan sesuai dengan arahan dokter,” ujarnya.

Dan lagi-lagi, jika dibandingkan dengan AHA, "mandelic acid tidak seefektif AHA atau alpha hydroxy acid, walaupun manfaatnya sama,” ujarnya.