Benarkah Toner Bisa Jadi Obat Jerawat?

Benarkah Toner Bisa Jadi Obat Jerawat?
ISTOCK

Bener nggak sih menggunakan toner setiap hari bisa membuat jerawatmu hilang? Cari tahu jawabannya di sini

Toner saat ini merupakan salah satu skin care yang wajib dimiliki para perempuan. Salah satu kegunaan toner adalah dapat membantu megangkat sisa-sisa make up serta kotoran yang tidak seluruhnya terangkat hanya dengan hanya mencuci muka. 

Dilansir dari Institute for Quality and Efficiency in Health Care (IQWig), stres karena pekerjaan, kurang istirahat, tidak mengonsumsi makanan bergizi, dan kurang bersih ketika membersihkan muka setelah bepergian menjadi beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat. 

iStock
iStock

Lalu benarkah toner mampu menghilangkan jerawat? Toner bisa membantu menghilangkan minyak berlebih, sisa sabun, dan sel-sel kulit mati yang masih menempel setelah mencuci muka. Namun toner tidak bisa menghilangkan jerawat. Rutin memakai toner hanya mengurangi risiko kemunculan jerawat baru di kemudian hari bukan menghilangkan jerawat yang sudah ada.

Selain itu, toner tidak termasuk produk perawatan kulit yang wajib. Namun tidak ada salahnya memasukkan produk ini untuk langkah perawatan kulitmu. Apalagi saat kulitmu berminyak atau berpori-pori besar yang sangat rentan berjerawat.

ISTOCK
ISTOCK

Menurut dokter kulit di Amerika Serikat, jika ingin menggunakan toner untuk menghilangkan atau mencegah jerawat, sebaiknya kamu pilih produk yang tepat. Tidak semua toner cocok untuk kulit. Gunakan produk yang memiliki kandungan bahan aktif khusus untuk basmi jerawat.

Gunakan toner dengan kandungan asam beta dan alfahidroksi (salisilat dan glikolat). Dua kandungan ini bantu menjaga pori-porimu tetap bersih dan mampu merontokan sel kulit mati yang menempel. Hindari toner yang mengandung alkohol karena itu akan membuat kulitmu kering dan berisiko tumbuh jerawat.

Selanjutnya: Sudah memasuki musim panas nih.. Woop punya 5 produk perawatan kulit yang wajib kamu gunakan. Apa saja?

Loading Facebook Comment ...