Ini Kenapa Kaktus yang Berduri Itu Ternyata Baik untuk Kulit

Ini Kenapa Kaktus yang Berduri Itu Ternyata Baik untuk Kulit
ISTOCK

Info penting untuk pemilik kulit kering. Ternyata kandungan kaktus sangat baik untuk kamu yang kulitnya kering.

Beredar kabar bahwa... kaktus katanya bagus untuk kulit. Hmm... jujur, yang terbayang di benak adalah duri-durinya. 

daihatsu banner

Untuk memuaskan rasa dahaga atas pengetahuan tentang kulit, Woop bertanya ke seorang dermatolog, dr. Listya Paramita, sp.KK., dari Elshéskin Clinic, Yogyakarta.

Apakah benar kaktus baik untuk perawatan kulit?

Ilustrasi kaktus
Ilustrasi kaktus

“Yang harus diketahui, tanaman kaktus memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan minyaknya mengandung essential fatty acid yang cukup tinggi. Essential fatty acids ini merupakan salah satu komponen lipid pelindung kulit yang dapat melindungi permukaan kulit dan menjaga kulit tetap dalam kondisi lembap dan merawat elastisitasnya,” jawab Listya. 

Baca: 7 Rekomendasi Masker Untuk kulit Kering Di Bawah 50 Ribu

Seberapa aman penggunaan kaktus di kulit?

Gejala Menopause - Terlihat Perbedaan Kulit dan Rambut
Ilustrasi

“Sejauh ini bila diproses dengan baik dan telah melewatu uji klinis, maka kaktus aman untuk digunakan. Untuk penggunaannya harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Mayoritas tanaman kaktus pada skincare digunakan pada rangkaian hydrating skincare, yakni untuk mengatasi kondisi-kondisi kulit kering, kulit yang memerlukan kelembapan ekstrak,” jelasnya. Ah, kabar gembira untuk kita si pemilik kulit sekering sumur di musim kemarau. 

Apa saja manfaatnya?

“Intinya manfaat dari kaktus adalah untuk mencegah hilangnya kelembapan dan mengembalikan kelembapan di kulit. Gunakanlah jika kamu memiliki kulit yang kering, kulit kusam. Satu lagi, kaktus juga bisa berfungsi sebagai anti-aging,” ujarnya.

Adakah efek sampingnya?

“Sejauh ini belum ada laporan mengenai efek samping pada produk skincare tanaman kaktus. Namun, ketidakcocokan bisa saja terjadi, hal ini sangat wajar karena terkadang reaksi yang ditimbulkan pada masing-masing kulit tidak sama,” jelasnya. 

Jadi itu ya, sama seperti bahan produk kecantikan, kecocokan adalah sesuatu yang tidak pasti. Jadi, coba saja jika penasaran. 

Selanjutnya: hei, apakah kamu salah satu orang yang selalu penasaran dan bertanya-tanya, "si seleb itu pakai produk kecantikan apa, ya?" Jawabannya ada di sini

Shop From Our Partner Cathaofficial.com