Banner

Body Oil VS Body Lotion, Mana yang Sebaiknya digunakan?

Body Oil VS Body Lotion, Mana yang Sebaiknya digunakan?
ISTOCK

Tim manakah kamu: #TeamBodyOil atau #TeamBodyLotion? Sebelum menjawabnya coba ketahuilah beberapa hal mengenai keduanya!

Woop tanya; apakah kulitmu terlihat kering, pecah-pecah, dan terlihat kusam? Jika hal itu yang kamu rasakan, ada baiknya untuk menggunakan skincare yang tepat untuk kulitmu. Apalagi dengan cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini—kadang panas, kadang hujan—membuat kulit rentan mengalami kerusakan secara mudah. Oleh karena itu, setiap harinya kamu disarankan untuk memberikan ‘amunisi’ untuk kulit agar tetap lembap dan terlindungi dari sinar matahari ataupun polusi udara yang jahat.

Biasanya untuk melindungi kulit, kita memilih untuk menggunakan body oil ataupun body lotion agar kulit tetap lembap—tidak kering—dan bisa melindunginya dari sinar matahari. Nah, apakah kamu tahu perbedaan dari body oil dan body lotion?

Body oil dan body lotion sejatinya mempunyai fungsi yang sama, yakni sebagai pelembap untuk kulit,” jawab dr. Listya Paramita, Sp.KK., Seorang dermatologist dari Elsheskin Clinic, Yogyakarta.

Lho? Lantas, apakah keduanya memiliki perbedaan?

“Ada! Yang membedakannya adalah tingkat kepadatan atau konsistensinya, perbedaan pada tekstur dan wujudnya, daya serap dan kemampuan dalam melembapkan kulit,” ujar Mita.

ISTOCK
ISTOCK

Baca: Review Pixi Glow Tonic— Untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat

Oh begitu. Namun, mengapa kita memerlukan keduanya?

“Terkadang akibat berbagai faktor eksogen seperti perubahan cuaca dan polusi yang semakin tinggi, pelembap alami dari kulit kita sendiri tidak cukup, sehingga perlu diberikan tambahan pelembap dari luar. Pelembap ini mempunyai manfaat yang sangat baik, membuat kulit menjadi lembut dan cerah. Penggunaan pelembap secara rutin juga akan menjaga kondisi kulit untuk tetap muda dan mengurangi kemunculan premature aging atau penuaan dini,” terangnya.

Yep, semua orang memerlukan pelembap dan (mungkin) hampir semua orang memakai keduanya--dari kecil sampai dewasa—tapi apakah ciri-ciri kulit yang memang benar-benar membutuhkannya?

“Kulit yang paling membutuhkan pelembap biasanya adalah jenis kulit yang kering. Ditandai dengan kondisi kulit yang mengkilap, flaky, cracking, dan bersisik tipis.” Namun, “ada baiknya meskipun kulit kita sedang tidak bermasalah, hendaknya tetap memakai pelembap untuk menjada kondisi kulit selalu dalam keadaan baik dan terawat,” katanya.

Adakah kelebihan dan kekurangan dari body oil dan body lotion?

“Tentunya ada,” katanya. “Harus diketahui lebih dahulu, body oil adalah jenis pelembap kulit yang paling ringan dan lembut. Teksturnya menyerupai minyak pelindung alami pada kulit. Body oil merupakan pelembap yang paling mudah diserap oleh kulit. Jenis pelembap ini juga dapat digunakan untuk melakukan pijat badan. Kekurangannya, body oil lebih mudah ‘hilang’ dari permukaan kulit, sehingga dibutuhkan pengulangan aplikasi body oil yang lebih sering untuk medapatkan hasil yang optimal. Karena sifatnya yang ‘light’ body oil dapat digunakan sebagai pelembap pada kulit yang sensitif,” terangnya.

“Sedangkan, body lotion adalah jenis pelembap dengan tekstur yang lebih padat dari body oil. Sangat baik digunakan pada kulit yang sering berada dia area yang panas atau lembap atau kulit yang rentan mengalami masalah dehidrasi kulit atau xerotic skin. Daya melembapkan pada body lotion lebih tinggi dibandingkan pada body oil,” lanjut Mita.

Sudah tahukan, apa jenis kulitmu?

Selanjutnya: Cerita Tyna Kanna Mirdad ajarkan kedua anak perempuannya tentang makeup. Baca selengkapnya di sini