7 Cara Cepat dan Murah Mengempeskan Jerawat yang Bengkak

7 Cara Cepat dan Murah Mengempeskan Jerawat yang Bengkak
Cara Cepat dan Murah Mengempeskan Jerawat yang Bengkak

Nah, ini dia cara cepat dan murah yang bisa kamu coba untuk mengempeskan jerawat yang bengkak!

Jerawat, jerawat, jerawat, dan jerawat. Masalah kulit satu ini memang selalu merugikan. Selain mengganggu penampilan, jerawat juga dapat menimbulkan rasa sakit, apalagi jika kamu mengalami masalah jerawat yang bengkak. Jerawat yang bengkak menandakan bahwa jerawat tersebut sedang meradang dan kemungkinan terinfeksi oleh kuman propioacnes bacterium.

Pada dasarnya, jerawat timbul akibat penyumbatan pada folikel rambut oleh sekresi minyak berlebih atau sel kulit mati pada wajah. Penyumbatan akan menimbulkan peradangan yang akhirnya menimbulkan gejala bengkak dan lainnya. Tetapi tidak perlu khawatir! Untuk mengatasinya, Woop punya beberapa cara cepat dan murah untuk mengempeskan jerawat yang bengkak!

Cara Mengempeskan Jerawat yang Bengkak

1. Bawang Putih

Cara Mengempeskan Jerawat yang Bengkak - Bawang Putih
Cara Mengempeskan Jerawat yang Bengkak - Bawang Putih

Konon, orang-orang Italia zaman dulu biasa menggunakan bawang putih segar untuk mengempeskan jerawat. Dalam sebuah pengobatan dari India, bawang putih juga disebut efektif untuk mencegah jerawat dan memudarkan bekasnya.

Kandungan allicin dalam bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang cukup kuat sehingga menjadikannya ampuh untuk mengempeskan jerawat yang bengkak. Caranya, potong satu siung bawang putih segar, pastikan alat pemotong higienis agar tidak terkontaminasi bakteri. Kemudian usapkan cairan bawang putih tepat pada jerawat yang bengkak. Jerawatmu akan mengempes dan kering dalam semalam! Tetapi ingat, cara ini tidak disarankan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.

2. Lidah Buaya

Cara Mengempeskan Jerawat yang Bengkak - Lidah Buaya
Cara Mengempeskan Jerawat yang Bengkak - Lidah Buaya

Apa sih manfaat yang tidak bisa diberikan oleh tanaman satu ini? Mulai dari masalah rambut, kulit, bahkan jerawat bisa diatasi oleh lidah buaya. Lidah buaya mengandung zat antibakteri dan antiradang yang ampuh memerangi bakteri jerawat sehingga jerawat pun akan mengempes dan kemerahannya akan berkurang. Caranya sangat mudah, tinggal kupas lidah buaya lalu oleskan gelnya pada jerawatmu!

3. Madu

Cara Mengempeskan Jerawat yang Bengkak - Madu
Cara Mengempeskan Jerawat yang Bengkak - Madu

Madu memiliki zat antibiotik yang tinggi sehingga bisa membantu mencegah infeksi pada kulit berjerawat. Caranya, siapkan madu dan kapas yang steril, lalu oleskan madu pada kapas. Letakkan pada jerawat dan diamkan selama 30 menit, setelah itu bilas dengan air. Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, disarankan menggunakan madu murni tanpa campuran atau madu dari buah kurma. Hindari madu dengan campuran jeruk karena dapat membuat kulitmu terasa perih.

Baca juga: Ini 9 Rekomendasi Obat Jerawat yang Ampuh Di Bawah 30 Ribu!

4. Mentimun

Cara Mengempeskan Jerawat yang Bengkak - Mentimun
Cara Mengempeskan Jerawat yang Bengkak - Mentimun

Mentimun mengandung air sebanyak 95%, vitamin B5, vitamin C, serta antioksidan yang bisa membantu menenangkan kemerahan pada jerawat sekaligus mengempeskan jerawatnya. Caranya, tempelkan irisan mentimun pada jerawat yang bengkak lalu biarkan selama 30 menit. Mentimun akan membantu mengurangi bengkak dan kemerahan pada jerawat dengan cepat. Karena mentimun sangat aman untuk wajah, kamu bisa menggunakannya sesering mungkin.

5. Lemon

Cara Mengempeskan Jerawat yang Bengkak - Lemon
Cara Mengempeskan Jerawat yang Bengkak - Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang mampu memerangi bakteri jerawat sekaligus mengempeskannya. Caranya, oleskan air perasan lemon pada jerawat dengan menggunakan cotton bud lalu tunggu selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Di awal jerawatmu akan terasa perih, gatal, bahkan nyut-nyutan. Namun lemon sangat ampuh untuk mengempeskan jerawatmu dengan cepat.

6. Jeruk Nipis

Cara Mengempeskan Jerawat yang Bengkak - Jeruk Nipis
Cara Mengempeskan Jerawat yang Bengkak - Jeruk Nipis

Jika tidak ada buah lemon, jeruk nipis juga bisa digunakan untuk mengempeskan jerawat yang bengkak. Caranya, siapkan segelas air putih hangat. Peras jeruk nipis ke air lalu basuh wajahmu menggunakan air tersebut.

7. Air Garam

Cara Mengempeskan Jerawat yang Bengkak - Air Garam
Cara Mengempeskan Jerawat yang Bengkak - Air Garam

Air garam memiliki fungsi utama sebagai pembersih. Jika digunakan pada bagian kulit yang berjerawat, maka sedikit demi sedikit bakteri dalam jerawat akan terangkat. Selain itu, air garam juga mampu membersihkan kotoran-kotoran yang menyumbat pori-pori. Caranya, basuh bagian kulitmu yang berjerawat bengkak dengan air garam.

Nah, itulah cara cepat dan murah yang bisa kamu coba untuk mengempeskan jerawatmu yang bengkak. Jerawat yang bengkak kempes dengan cepat dan dengan modal yang murah! Selamat mencoba ya, Woop Ladies!

Selanjutnya: Masih tidak percaya diri karena ada bekas jerawat di wajah? Mencoba menghilangkan bekas jerawat dengan air beras, ternyata ampuh.

Loading Facebook Comment ...