Ampuh dan Gampang! Ini 7 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis

Ini 7 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis
Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis

Mengatasi jerawat ternyata gampang dan ampuh lho dengan jeruk nipis. Berikut Woop beri tahu caranya!

Ekstrak buah jeruk nipis sering dimasukkan dalam produk perawatan kulit karena kandungan ampuh antioksidannya. Dalam secara umum, antikoksidan seperti vitamin C dalam buah jeruk dapat membantu melawan radikal bebas di kulit dan membantu meningkatkan kadar kolagen. Jeruk nipis juga mengandung flavonoids dan desinfektan yang bermanfaat menjernihkan kulit kamu.

Jika jeruk nipis diaplikasikan juga dapat memurnikan pori-pori kulit supaya lebih cerah dan bersih. Keunggulan lain dari ekstrak jeruk nipis ini dapat efektif mengobati jerawat, lho. Dilansir dari healthline, kegunaan jeruk nipis juga dapat membantu mengurangi minyak pada kulit, menghilangkan bekas jerawat dan mengurangi kemerahan dan peradangan.

Nah, penasaran kan bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis? Berikut Woop merangkum cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis dengan mudah dan ampuh!

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis

1. Cuci Wajah Dengan Jeruk Nipis

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis - Cuci Wajah Dengan Jeruk Nipis
Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis - Cuci Wajah Dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis mempunyai antibakteri dan bisa menghilangkan bercak hitam alami. Jeruk nipis juga bisa menghilangkan jerawat dalam dua hingga tiga minggu bila kamu melakukan cara ini.

Caranya: Bersihkan wajahmu secara menyeluruh dengan sabun dan air seperti biasa. Siapkan jeruk nipis dan peras ke dalam mangkuk kecil dan rendam kapas dengan jus. Tepuk kapas yang di rendam langsung ke jerawat. Biarkan mongering 10 hingga 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

2. Campurkan Perasan Air Jeruk Nipis dengan Air Hangat

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis - Campurkan Perasan Air Jeruk Nipis dengan Air Hangat
Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis - Campurkan Perasan Air Jeruk Nipis dengan Air Hangat

Biasanya apabila perasan air jeruk nipis langsung kamu aplikasikan kekulit akan terasa perih. Jadi, bagi kamu pemilik jenis kulit sensitif, harus melakukan cara ini agar enggak membuat kulit kamu jadi iritasi.

Caranya: Campurkan air jeruk nipis dengan menggunakan air hangat untuk membasuh wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Lalu, bilas kembali dengan menggunakan air dingin.

3. Jadikan Minuman Jeruk Nipis

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis - Jadikan Minuman Jeruk Nipis
Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis - Jadikan Minuman Jeruk Nipis

Dengan kamu meminum jeruk nipis bisa membantu membersihkan jerawat dengan cara mendetoksifikasi tubuh, antioksidan dari vitamin C nya dapat menyediakan kolagen pada kulit.

Caranya: Peras satu buah jeruk nipis kedalam gelas dan beri air secukupnya, lalu aduk. Minumlah 20 hingga 30 menit setelah bangun di pagi hari dan belum mengonsumsi apapun. Lalukan hal ini rutin dua hingga tiga minggu, jerawatmu pun akan menghilang dan kulit kamu akan lebih putih berseri.

Baca juga: 8 Makanan Penyembuh Jerawat yang Cepat Hilangkan Jerawatmu!

4. Jadikan Masker Wajah

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis - Jadikan Masker Wajah
Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis - Jadikan Masker Wajah

Jeruk nipis memang paling terkenal bisa mengatasi jerawat dengan optimal karena kandungan vitamin C nya. Kamu bisa mencobanya dengan menggunakan jeruk nipis segar dijadikan masker wajah.

Caranya: Siapkan dua bagian potong jeruk nipis dan cotton bud, lalu gunakan untuk mengoles cairan lemon ke bagian wajah yang berjerawat. Biarkan sampai kering, lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.

5. Rendam Irisan Timun dengan Air Jeruk Nipis

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis - Rendam Irisan Timun dengan Air Jeruk Nipis
Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis - Rendam Irisan Timun dengan Air Jeruk Nipis

Mentimun mengandung air sebanyak 95% dan vitamin B5 yang bisa membantu menenagkan kemerahan pada jerawat sekaligus menghilangkan jerawat serta untuk detoksifikasi dan melembapkan kulit.

Caranya: Taruh perasan air jeruk nipis di rendaman potongan mentimun. Setelah meresap, tempelkan pada kulit wajah yang berjerawat selama 15-30 menit. Lalu, bersihkan kulit wajah dengan menggunakan air dingin hingga bersih.

6. Jadikan Masker Wajah dengan Putih Telur

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis - Jadikan Masker Wajah dengan Putih Telur
Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis - Jadikan Masker Wajah dengan Putih Telur

Kamu bisa mencampurkan jeruk nipis dengan putih telur untuk menghilangkan jerawat yang membandel pada kulit. Kandungan enzim lysozim pada putih telur dipercaya dapat menghancurkan dinding sel bakteri penyebab jerawat, bisa juga mengecilkan pori-pori.

Caranya: Campurkan perasan air jeruk nipis dengan putih telur, lalu oleskan secara merata pada kulit wajah, biarkan hingga kering. Kalau sudah kering bilas dengan air hingga bersih.

7. Jadikan Masker Wajah dengan Madu

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis - Jadikan Masker Wajah dengan Madu
Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis - Jadikan Masker Wajah dengan Madu

Selain putih telur, kamu juga bisa mencampurkan air jeruk nipis dengan madu. Karena percampuran dari air jeruk dan madu dapat mengoptimalkan kandungan alami AHA untuk mencegah dan mengatasi bakteri penyebab jerawat serta mengurangi minyak berlebih.

Caranya: campurkan satu sendok teh air jeruk nipis dan satu sendok teh madu lalu di aduk sampai merata. Aplikasikan secara merata pada kulit wajah dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bersihkan dengan air hingga bersih.

Berikut cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis. Namun, mengoleskan jeruk nipis ke wajah mungkin tidak begitu cocok dengan jenis kulitmu. Sehingga dapat memunculkan efek samping seperti kulit terasa terbakar, gatal, kemerahan, kulit kering dan membunuh bakteri baik yang semakin merusak kulit. Woop sarankan, baiknya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter kecantikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, Woop Ladies!

Selanjutnya: Miliki keseimbangan dalam bidang akademis maupun non-akademis juga dimiliki oleh 7 Beauty Blogger asal Indonesia ini loh!

Loading Facebook Comment ...