Pakai Resep Dapur! Ini 7 Cara Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami

Ini 7 Cara Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami
Mencerahkan Kulit Wajah

Kosmetik pemutih kulit digunakan untuk meratakan warna kulit yang bekerja dengan mengurangi atau mengendalikan jumlah melanin.

WOOP.ID - Kulit gelap dan kusam bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti paparan sinar matahari, polusi, gaya hidup yang buruk, kondisi medis, atau bahkan stres. Melihat hal itu, banyak orang tergiur akan mendapatkan kulit wajah putih dan mulus, dengan menggunakan krim atau lotion pemutih wajah di pasaran.

Kosmetik pemutih kulit digunakan untuk meratakan warna kulit yang bekerja dengan mengurangi atau mengendalikan jumlah melanin. Meski terbukti instan, produk pemutih wajah juga banyak yang ilegal dan tidak mengantongi sertifikat BPOM sehingga bisa berbahaya saat digunakan di wajah.

Jadi, dibanding menggunakan produk kosmetik ilegal, kita bisa mencoba memutihkan wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa didapatkan di dapur. Penasaran? Ini dia cara membuatnya!

Cara Memutihkan Wajah Dengan Bahan Alami

1. Yogurt dan Tepung Gram

Cara Mencerahkan Kulit - Yogurt
Cara Mencerahkan Kulit - Yogurt

Asam laktat pada yogurt bertindak sebagai zat pemutih alami, sedangkan tepung gram dapat membantu meningkatkan kualitas kulit dengan memberikan nutrisi. Campuran tepung gram dan yogurt dapat membantu melembapkan kulit dan menghilangkan minyak berlebih.

Baca: Inilah 10 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Terampuh

Cukup campur dan aduk kedua bahan, lalu oleskan ke permukaan wajah. Tunggu mengering selama 30 menit, dan bilas sisa masker dengan air hangat. Kamu bisa menerapkan masker ini 2-3 kali dalam seminggu.

2. Pepaya

Pepaya
Pepaya

Karena khasiatnya yang bergizi, pepaya banyak digunakan untuk perawatan kulit. Kandungan pepaya dianggap mampu mencerahkan kulit, dan bertindak sebagai agen pemutihan alami.

Cara membuat masker pepaya pun mudah yaitu, potong dan hancurkan pepaya lalu tambahkan madu, kemudian aduk rata hingga berbentuk pasta. Setelahnya oleskan ke wajah dan diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dan keringkan kulit. 

3. Kunyit

Cara Memutihkan Kulit dengan Bahan Alami - Dengan bubuk kunyit
Cara Memutihkan Kulit dengan Bahan Alami - Dengan bubuk kunyit

Kunyit mampu menghambat produksi melanin dan membuat warna kulit lebih merata. Selain itu, kunyit juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit karena memiliki sifat antioksidan dan antiseptik.

Baca: 15 Sabun Mandi Terbaik untuk Memutihkan Kulit, Tahun 2020!

Gunakan kunyit bubuk dan yogurt untuk membuat pasta, lalu kamu bisa menjadikannya masker wajah. Jangan langsung gunakan kunyit mentah karena getahnya sulit dihilangkan dan bisa membuat wajah menguning.

4. Mentimun

Cara Memutihkan Kulit dengan Bahan Alami - Dengan mentimun
Cara Memutihkan Kulit dengan Bahan Alami - Dengan mentimun

Ekstrak mentimun sangat bermanfaat untuk perawatan kulit, yaitu sebagai sumber antioksidan, vitamin A, dan C yang baik.. Selain itu, ekstrak mentimun juga berfungsi menghambat sintesis melanin dan sekresi sebum.

Mentimun dapat membantu mencerahkan wajah dengan membuatnya kencang dan kenyal. Gunakan mentimun sebagai masker dengan memarutnya atau memotongnya tipis-tipis, dan tinggal balurkan ke wajah.

5. Jeruk

Jeruk
Jeruk

Jeruk sangat bermanfaat bagi kulit karena kaya akan vitamin C, dan dapat membantu mencerahkan kulit dengan bertindak sebagai agen pencerah. Bahkan mengonsumsi jus jeruk segar setiap hari dapat merevitalisasi kulit dan menjadikannya lebih lembut.

Baca: 7 Cara Merawat Wajah Secara Alami Agar Tampak Putih Berseri

Cara memutihkan wajah dengan jeruk pun mudah, yaitu cukup peras jeruk dan gunakan sebagai masker wajah. Jika terlalu cair, kamu bisa menambahkan madu atau yogurt sebagai campuran.

6. Madu

Cara Memutihkan Kulit Secara Cepat - Madu
Cara Memutihkan Kulit Secara Cepat - Madu

Madu dapat melembapkan kulit untuk membantu mendapatkan warna kulit yang rata. Menjadi agen antibakteri, madu mencegah perkembangan jerawat dan membantu memudarkan bekas jerawat dan bintik-bintik penuaan.

Jika terlalu lengket, kamu bisa mencampur madu dengan bahan lain seperti lemon untuk membuat masker. Atau kamu bisa menggunakan cotton bud dan mengoleskan madu tipis-tipis ke bagian wajah yang gelap.

7. Oatmeal

Cara Memutihkan Kulit Secara Cepat - Oatmeal
Cara Memutihkan Kulit Secara Cepat - Oatmeal

Oats (Avena sativa) telah digunakan untuk perawatan berbagai masalah kulit. Oatmeal dianggap mampu meningkatkan regenerasi kulit dengan pengelupasan kulit, serta mampu membantu memutihkan kulit dan memberikan kelembutan pada kulit.

Ambil oatmeal matang setelah dingin dan oleskan ke wajah Anda sebagai masker, lalu cuci setelah 10-15 menit setelah mengering. Mudah, kan?

Baca: