Makeup Tahan Seharian, 5 Cara Tepat Menggunakan Foundation untuk Wajah Berminyak

5 Cara Tepat Menggunakan Foundation untuk Wajah Berminyak
Menggunakan foundation

Bolehkah menggunakan foundation setiap hari untuk wajah berminyak? Agar tampilan tetap maksimal, ini cara yang bisa kamu ikuti!

Memilih foundation yang tepat dan tahan lama untuk kulit berminyak memang sulit. Tapi bukan hanya itu, selain memerhatikan produk yang tepat untuk wajah, cara pengaplikasiannya juga perlu diperhatikan, lho!

Duta brand L'Oréal (dan penata rias Beyoncé) Sir John, serta direktur seni Blushington, Jessica Scantlin memberikan cara tepat menggunakan foundation bagi pemilik wajah berminyak. So, bagi kamu yang ingin memiliki riasan bebas kilap sepanjang hari, yuk simak tips menggunakan foundation untuk kulit berminyak ini!

Cara Gunakan Foundation Untuk Wajah Berminyak

Oleskan Pelembap Berbasis Air

Mengoleskan pelembap oil-based pada kulit yang rentan terhadap minyak? It's big no! Itu adalah hal terakhir yang harus kamu lakukan. Untuk itulah, coba cari pelembap dengan bahan dasar air untuk mencegah timbulnya tumpukan minyak di wajah.

Baca juga: 8 Alas Bedak Terbaik untuk Wajah Berminyak

Balurkan Foundation Secara Tipis

Pilih shade sesuai skin tone
Pilih shade sesuai skin tone

Menggunakan matte foundation untuk kulit berminyak memang pilihan yang tepat. Namun sebisa mungkin, jangan aplikasikan foundation ke seluruh wajah dengan merata, karena foundation cenderung kurang menempel di bagian yang lebih berminyak.

"Untuk area wajah yang banyak berminyak, cukup oleskan foundation secara tipis dan ganti dengan bedak," ucap Scantlin dilansir dari Byrdie.

Jangan Gunakan Jari

ISTOCK
Makeup brush

Hal terakhir yang kamu inginkan adalah kandungan minyak yang berlebih di wajah, untuk itu jangan menggunakan jari-jari saat mengaplikasikan foundation.

Ashleigh Ciucci, seorang makeup artist merekomendasikan untuk menggunakan foundation brush yang kaku, rata, dan lebar. Jika wajahmu masih berminyak, coba tepuk-tepuk tissue di atas foundie sebelum diakhiri dengan taburan bedak.

Baca juga: Ingin Makeup Makin Flawless? Lakukan Hal Ini Sebelum Memakai Foundation!

Hindari Bubuk dengan Kemilau

Berbicara tentang bedak dan makeup berbentuk bubuk, sebaiknya hindari produk yang memiliki kandungan kemilau seperti bronzer dan highlighters. Coba ganti dengan bedak matte atau loose translucent powders yang mampu menyerap minyak lebih banyak dibanding bedak padat biasa.

Kombinasikan Produk yang Ampuh

Memakai pelembap
Memakai pelembap

Tak ada salahnya menggabungkan dua jenis produk sekaligus, lho. Kamu bisa menggunakan fondasi berbasis air atau pelembap berwarna dengan concealer. Tapi ingat, jenis produk juga memengaruhi hasilnya, terus bereksperimen ya.

Itu tadi beberapa cara simpel menggunakan foundation untuk wajah berminyak. Meski begitu, untuk bisa mendapatkan tampilan kulit yang sehat, kurangi penggunaan foundie untuk makeup harian karena hal itu ditakutkan akan menyebabkan beberapa masalah di wajah.

Tapi jika pekerjaanmu mewajibkan untuk menggunakan foundie, maka jangan lupa melakukan double cleansing setiap malam, ya!

Selanjutnya: Review Emina The Bright Stuff Face Toner ini merupakan toner yang cocok untuk pemula karena formulanya yang ringan. Berikut reviewnya!

Loading Facebook Comment ...