Ketahui 4 Hal Ini Sebelum Potong Rambut Pendek

Ketahui 4 Hal Ini Sebelum Potong Rambut Pendek
ISTOCK

Takut salah dan takut menyesal. Semua orang pasti mengalaminya, asal jangan karena putus cinta.

“Potong, nggak, potong, nggak... pot...” Itulah hal yang paling sering terjadi ketika kamu ingin memotong rambutmu—terutama menjadi pendek. Pasalnya, jika salah potong, proses ekstensinya lebih mahal dari biaya potong rambut biasa! Jadi, memang butuh keberanian dan pemikiran yang matang. Dengan kata lain prosesnya yang memang panjang—persis seperti memutuskan apakah mau mengunduh aplikasi Tinder atau Okcupid. Untuk menghindari rasa penyesalan berbulan-bulan, coba ikuti tahap-tahap ini. 

1. Tanyakan Pada Diri Sendiri: Kenapa Mau Potong Rambut?

Untuk sebagian orang memotong rambut = buang sial. Yep, mengubah penampilan rambut cukup ekstrem biasanya terjadi ketika mengalami peristiwa yang buruk (baca: putus cinta). Padahal kalau dipikir-pikir, jika terjadi kesalahan saat memotong rambut, bukannya berkurang malah menambah masalah. Jika memotong rambut tanpa pemikiran yang panjang tapi hanya karena dorongan emosi sesaat, kemungkinan besar ujungnya penyesalan. Jadi, pikirkan sebelum bertindak!

2. Perhatikan Tekstur

Ini yang sering dirasakan saat melihat seorang selebritis dunia jalan di red carpet dengan rambut yang bagus: ingin begituuu! Dengan semangat 2017 mendatangi salon dan memberi gambar tersebut (Selena Gomez dan rambut piringnya) ke penata rambut. Seandainya kamu bertemu dengan orang yang jujur dia akan mengatakan: "Sebelum potong rambut, sebaiknya kamu mengerti jenis rambutmu seperti apa, dan apa yang ingin didapat setelah memotongnya." Artinya: rambut tersebut tidak cocok untukmu, coba cari model yang lebih masuk akal. 

3. Perhatikan Bentuk Wajah

Hal penting lain yang harus diperhatikan sebelum memotong rambut: bentuk wajah! Menurut seorang penata rambut, Giovanni Giuliano, “Wajah, kepala, leher, dan rahang semua mempengaruhi gaya terbaikmu.” Jadi, sudah tahu 'kan model yang bagus buatmu?

4. Waktu

Lalu hal krusial lain yang perlu dipertimbangkan: apakah kamu memiliki waktu untuk merawat rambutmu? Coba pikirkan: setelah rambut dipotong biasanya memerlukan perawatan tertentu agar tetap telihat bagus dan sehat. Apakah kamu sudah siap dengan kesibukan dan beban ekstra ini? Kalau sudah, yah... tunggu apalagi! P-O-T-O-N-G-L-A-H.