Mari Meluruskan Satu Hal: Bekas Jerawat, Apakah Bisa Hilang?

Apakah Bekas Jerawat Bisa Hilang Dengan Sempurna?
ISTOCK

Mati satu tumbuh seribu, sepertinya peribahasa yang pas diberikan untuk jerawat. Langsung dijawab oleh ahlinya.

Dan saat mereka sembuh, masalah tidak langsung berakhir di situ. Bekasnya bisa bertahan berminggu-minggu sampai bertahun-tahun di pipi, di hidung, dimana-mana. Harus berterimakasih kepada makeup karena ampuh menutupinya saat dibutuhkan. Namun, mari berandai-andai: jika tidak ada makeup di dunia, adakah cara ampuh "menutupi" jerawat selamanya alias menghilangkannya? 

Ahli kesehatan kulit Dr Eddy Karta, SpKK., mengatakan: "Bekas jerawat, jika artinya skar bopeng itu terjadi karena reaksi peradangan hebat yang merusak kulit dan sulit dihilangkan dengan sempurna.”

Eddy menyarankan untuk berkonsultasi ke dokter ahli kulit untuk tindakan laser atau dermaroller yang secara bertahap dapat menghilangkan bekas bopeng akibat jerawat. 

Namun, mari berandai-andai gila lagi: jika tiba-tiba semua dokter kulit dari dunia diculik alien (semoga ini tidak pernah terjadi) atau kita sedang tidak punya dana lebih untuk membiayai perawatan canggih itu, adakah cara lain untuk menghilangkannya? "Bekas jerawat tidak bisa dihilangkan dengan sendirinya. Bopeng akibat bekas jerawat, atau yang kita sering sebut dengan acne scar sama seperti scar, terjadi karena reaksi penyembuhan kulit yang abnormal sehingga bukannya sel kulit yang menutupi bekas luka, justru malah jaringan ikatnya. Tekstur dan ketinggian permukaannya beda dengan kulit sekitarnya. Jika bekas jerawat hanya noda hitam akan hilang," katanya. Menilik kerumitan jerawat dan bekas lukanya, dokter ini mengingatkan satu hal yang sangat penting: "Kebiasaan memencet jerawat itu harus dihentikan. Jangan pernah lakukan itu."

Pasalnya, Eddy menjelaskan bahwa memencet jerawat dapat memperparah peradangan di wajah. "Materi peradangan yang terperangkap dan kuman akan menembus ke lapisan kulit lebih dalam. Lalu, bekas jerawat menghitam, ini disebabkan adanya peradangan yang lebih kuat atau hiperpigmentasi pascainflamasi." Jadi, untuk yang sudah terlanjur memiliki skar bopeng karena jerawat, direkomendasikan untuk mengunjungi dokter kulit terpercaya. Sementara, yang "nasinya belum menjadi bubur", jauhkan jari-jari gatalmu dari jerawatmu. Sekarang juga. Tidak peduli secantik apa cat kukunya, jari-jari itu akan tetap memperparah kondisi jika dipakai untuk memencet jerawat.