Jangan Jilat Bibir, Ini 5 Cara Mengatasi Bibir Kering Versi Dermatologis

Ini 5 Cara Mengatasi Bibir Kering Versi Dermatologis
Melembabkan Bibir

Memiliki bibir yang kering dan pecah-pecah merupakan hal yang akan mengganggu penampilan seseorang.

WOOP.ID - Tak hanya mengganggu penampilan, bibir yang kering juga mengganggu aktivitas sehari-hari lantaran luka yang ditimbulkan akibat bibir yang terlalu kering.

Tak sulit untuk mengatasi bibir yang kering dengan melakukan berbagai perawatan dengan menggunakan produk yang dapat membantu melembapkan. Namun, nggak semua produk dan cara yang kamu lakukan guna mengatasi bibir yang kering ini bisa ampuh dan aman untuk kesehatan kulit.

Terkait hal tersebut, berikut adalah 5 tips dari para pakar kesehatan di bidang kecantikan dalam mengatasi bibir yang kering. Yuk, simak tips-tipsnya!

5 Tips dari Para Pakar Dalam Mengatasi Bibir Kering

1. Gunakan Produk Bibir Anti-Iritasi

Merahkan Bibir Alami
Gunakan Produk Bibir Anti-Iritasi

Banyak orang yang berasumsi bahwa bekerjanya sebuah produk pada kulit bibir ditandai dengan adanya rasa perih hingga rasa bakar pada permukaan bibir itu sendiri.

Baca: Pakai Bahan di Rumah, Ini 7 Cara Alami Melembapkan Bibir

Namun nyatanya, hal tersebut muncul akibat dari efek iritasi bahan-bahan pada produk yang tak sesuai atau tak cocok untuk digunakan. Untuk itu, kamu perlu menggunakan produk yang anti-iritasi, yakni produk yang biasanya mengandung shea butter, mineral oil, castor seed oil, dan sebagainya.

2. Gunakan Pelembap Bibir Sebelum Tidur

Perempuan tidur
Perempuan tidur

Jika kamu ingin mengatasi bibir yang kering, maka kamu bisa menggunakan pelembap bibir atau lip balm beberapa kali dalam sehari serta menjelang sebelum tidur.

Produk lip balm yang kamu gunakan pun harus kamu perhatikan kandungannya. Usahakan menggunakan produk yang bebas alkohol dan memiliki kandungan yang alami.

3. Gunakan Pelembap dengan SPF

Hindari cahaya matahari
Hindari cahaya matahari

Saat hendak pergi atau beraktivitas di luar rumah di kala sinar matahari sedang terik, tentu kamu membutuhkan pelembap untuk bibir yang kering.

Baca: Gak Pede dengan Bibir Gelap? Ini Cara Alami Merahkan Bibir!

Nggak hanya sebatas pelembap bibir, kamu juga perlu cari pelembap bibir yang mengandung SPF tinggi untuk melindungi kulit bibir dari kekeringan yang tambah parah pada bibir. Kamu bisa memilih pelembap bibir dengan SPF 30 dan lebih tinggi untuk mengatasi bibir kering.

4. Jangan Basahkan Bibir dengan Lidah

ISTOCK
ISTOCK

Banyak yang berpikir bahwa melembapkan bibir dengan air liur dapat membantu dalam mengatasi bibir yang kering, namun nyatanya hal tersebut malah bikin kulit bibir semakin kering.

Dikatakan demikian karena air liur dengan cepat berevaporasi, sehingga bibir jadi mudah kering.

5. Minum Air

Minum air mineral
Minum air mineral

Cara terakhir yang dianjurkan oleh dermatologis untuk mengatasi bibir yang kering adalah dengan mengonsumsi air mineral dengan banyak tiap harinya.

Sumber utama keringnya bibir disebabkan dengan kurangnya asupan mineral pada tubuh, yakni air mineral. Biasakan minum air putih 2 liter seharinya guna mengatasi bibir yang kering.

Cukup simpel untuk dilakukan guna mengatasi masalah bibir yang kering. Itu lah kelima tips dari dermatologis untuk mengatasi bibir kering. Semoga bermanfaat!

Baca: