ini 7 Penyebab Jerawat Dari Kebiasaan Yang Tidak Kamu Sadari

ini 7 Penyebab Jerawat Dari Kebiasaan Yang Tidak Kamu Sadari
Penyebab Jerawat

Bingung dengan beragam hal yang menyebabkan jerawat? Kali ini Woop akan bahas tuntas khusus untuk kamu!

Bukan hanya menyebalkan, jerawat juga menjadi salah satu masalah kulit yang dapat mengganggu penampilan kamu. Lebih menyebalkan lagi bila jerawat datang silih berganti, sehingga wajah tidak kunjung mulus walaupun sudah melakukan berbagai macam perawatan.

Namun, belum banyak yang tahu kalau jerawat yang sering muncul, ternyata itu disebabkan oleh beberapa faktor yang tidak kamu sadari. Ada beberapa hal yang memicu faktor tersebut, berikut rangkumannya menurup Woop!

Penyebab Jerawat Dari Kebiasaan Yang Tidak Kamu Sadari

1. Menyentuh wajah dengan tangan kotor

Menyentuh wajah dengan tangan kotor
Menyentuh wajah dengan tangan kotor

Hal ini penyebab jerawat yang paling sering dilakukan banyak orang. Bakteri dan kotoran yang menempel di tangan kamu dapat meyumbat pori-pori di kulit wajah. Ini yang membuat kulit kamu rentan berjerawat.

Untuk menghindarinya, biasakan menyentuh wajah dengan menggunakan tisu bersih, gunting dan bersihkan kuku kamu, dan jangan lupa rutin cuci tangan.

2. Pakai kosmetik yang salah dan aplikator yang kotor

Pakai kosmetik yang salah dan aplikator yang kotor
Pakai kosmetik yang salah dan aplikator yang kotor

Pemilihan kosmetik yang tidak tepat dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori dan memperbanyak komedo. Pilihlah jenis kosmetik yang berlabel khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat, dan pastikan aplikator make up kamu bersih dari kotoran.

3. Terlalu sering cuci muka

Terlalu sering cuci muka
Terlalu sering cuci muka

Wajah yang kotor seringkali dianggap pengacu jerawat. Namun, mencuci muka terlalu sering ternyata tidak baik, karena dapat membuat wajah kehilangan minyak alami kulit dan mendorong kulit memproduksi minyak lebih banyak lagi. Hal itu membuat jerawat akan muncul dengan mudah.

Baca juga: 8 Obat Jerawat Paling Ampuh yang Patut Kamu Coba

4. Pola makan tidak seimbang

Pola makan tidak seimbang
Pola makan tidak seimbang

Makanan dengan gizi tidak seimbang juga bisa menyebabkan wajah berjerawat. Lebih baik kamu mengubah pola makan dengan mengurangi makanan berminyak, susu, atau gula dan meningkatkan konsumsi buah atau sayur biar jerawat mereka berkurang.

5. Rambut kotor

Rambut kotor
Rambut kotor

Jarang keramasan selain membuat rambut kamu jadi bau dan lepek juga dapat menyebabkan kotoran pada rambut menempel pada wajah. Akibatnya, kulit kamu jadi rentan berjerawat. Sebaiknya hindari rambut bersentuhan langsung ke wajah, terutama di area sensitif wajah.

6. Stres berlebih

Stres berlebih
Stres berlebih

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa stress dapat memicu jerawat untuk menjadi lebih buruk. Stres bukan penyebab jerawat muncul, tetapi dapat membuat jerawat bertambah parah.

7. Faktor hormonal

Faktor hormonal
Faktor hormonal

Jawabannya adalah dapat dipengaruhi oleh kondisi tubuh dan hormon yang tidak seimbang. Pada umumnya, yang mengalami hal ini adalah para wanita yang sedang dalam siklus menstruasi. Akibat hormon yang tidak seimbang reaksinya adalah peradangan, peningkatan produksi sebum pada pori-pori serta meningkatnya produksi bakteri yang menghasilkan jerawat tumbuh.    Sekarang kamu sudah tahu kan kebiasaan apa saja yang menyebabkan jerawat tumbuh? Jadi, usahakan untuk menghindari kebiasan tersebut agar wajah kamu bersih ya!

Selanjutnya: Moisturizer ini ternyata adalah Wardah Hydrating Moisturizer Cream dengan nama dan kemasan yang baru.  

Loading Facebook Comment ...