Sering Berjerawat? Mungkin Kebiasaanmu Ini Penyebabnya

Sering Berjerawat? Mungkin Kebiasaanmu Ini Penyebabnya
istock
Sering Berjerawat? Mungkin Kebiasaanmu Ini Penyebabnya

Kamu sering berjerawat padahal sudah rajin mencuci wajah? Mungkin kebiasaan ini yang menjadi penyebabnya.

Kebiasaan seperti apa yang dimaksud? Yang pertama memencet jerawat! Kebiasaan memencet jerawat merupakan hal yang paling dilarang. Kenapa? Ingat, jari-jari tangan ini tetap saja ingin menyentuhkan (sampai pecah).

Yang masih menjadi pertanyaan sampai detik ini adalah mengapa memencet jerawat dengan tangan itu buruk? Mari kita tanyakan jawabannya kepada dr. I Dewa Gede Agung Manik S., Sp.KK., seorang Dokter Spesialis kulit dan kelamin dari Braia Clinic, Bali.

“Jerawat adalah penyakit peradangan kelenjar sebasea yang sering dijumpai dan berkaitan dengan folikel rambut (unit pilosebasea). Biasanya ditandai oleh pembentukan sebum yang berlebihan, komedo, papul, kista, dan pustula,” ujarnya kepada Woop.

iStock
iStock

Lalu ketika memencet jerawat, apa ya yang terjadi pada kulit?

“Saat jerawat dipencet artinya akan memaksa kotoran tersebut keluar sehingga akan merobek kulit. Saat menekan area yang ditumbuhi jerawat itu artinya memindahkan kotoran dan bakteri dari jari tangan ke wajah dan jerawat, sehingga malah membuatnya infeksi. Dari sinilah awal mula terjadinya bekas jerawat yang sulit dihilangkan,” ungkap dr. Dewa.

Baca: 5 Cara Murah Agar Wajah Bebas Jerawat

Sering Cuci Muka Saat Berjerawat Justru Tidak Dianjurkan? - 0
Sering Cuci Muka Saat Berjerawat Justru Tidak Dianjurkan? - 0

Selain itu, terlalu sering mencuci muka saat wajah berjerawat juga bisa merusak lapisan kulit sehingga menyebabkan bintik merah itu muncul. Diingatkan pula, jerawat bisa disebabkan faktor dari dalam dan luar, terlepas dari seberapa rajin mencuci wajah, kulit sensitif, sering PMS, perubahan hormon dalam tubuh, stres, atau pola makan yang tidak teratur. Ini menjadi faktor pendukung penyebab jerawat.

“Saat berjerawat sebenarnya tidak jauh berbeda dengan aturan mencuci muka pada umumnya, yaitu dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Namun jika kamu memiliki rutinitas yang padat di luar ruangan, kamu butuh untuk menambah rutinitas cuci mukamu pada siang hari,” papar dokter kulit asal Arizona, Amerika Serikat, Dr. Jennifer Hayley.

Untuk mengatasinya, para dokter menyarankan untuk menjaga wajah agar tetap bersih. Karena dalam mengatasi jerawat memang butuh kesabaran dan ketelatenan agar jerawat tidak semakin parah.

Apa kamu sering melakukan ini setiap hari?


Selanjutnya: ini rekomendasi dari Woop bagaimana memilih lipstik matte untuk si bibir kering. Baca di sini ulasannya.