Sering Cuci Muka Saat Berjerawat Justru Tidak Dianjurkan?

Sering Cuci Muka Saat Berjerawat Justru Tidak Dianjurkan?
istock

Apakah kamu sering mencuci wajah saat berjerawat? Katanya ini tidak dianjurkan, kenapa ya?

Cuci muka memang hal terpenting yang tidak boleh dilewatkan, terutama bagi perempuan yang berpergian seharian. Wajah akan dipenuhi dengan bekas make up, minyak, kotoran, polusi, dan lainnya. Seorang dokter kulit asal Arizona, Amerika Serikat, Dr. Jennifer Hayley mengungkapkan, “Mencuci muka itu bukan sekedar membersihlan bekas riasan make up dan kotoran lainnya saja. Terlepas dari apa pun jenis kulit wajahmu, membersihkan dengan air dan sabun merupakan kegiatan harian yang harus selalu dilakukan.”

Sering Cuci Muka Saat Berjerawat

Apakah boleh sering mencuci muka saat berjerawat?

Ternyata mencuci wajah saat berjerawat tidak boleh sering dilakukan. Jika kamu sering mencuci muka, kombinasi air dan sabun lama-lama akan menghilangkan lapisan minyak alami di wajah (sebum). Pada akhirnya itu akan membuat kulitmu kering dan iritasi sehingga merespon kerusakan dengan memproduksi lebih banyak minyak. 

“Normalnya minyak berperan penting sebagai pelembab, pelindung, serta penjaga kekenyalan kulit wajah,” ujar Hayley.

Baca juga: 4 Metode Ampuh Cara Menghilangkan Jerawat Dalam Sehari

Berapa kali sehari mencuci muka saat berjerawat?

Selain itu, terlalu sering mencuci muka saat wajah berjerawat juga bisa merusak lapisan kulit. Lalu berapa kali dalam sehari mencuci muka saat berjerawat?

Kemunculan jerawat bisa disebabkan faktor dari dalam dan luar, terlepas dari seberapa rajin mencuci muka, kulit sensitif, sering PMS, perubahan hormon dalam tubuh, stres, atau pola makan yang tidak teratur. Ini menjadi faktor pendukung penyebab jerawat.

img

“Saat berjerawat sebenarnya tidak jauh berbeda dengan aturan mencuci muka pada umumnya, yaitu dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Namun jika kamu memiliki rutinitas yang padat di luar ruangan, kamu butuh untuk menambah rutinitas cuci mukamu pada siang hari,” tambahnya.

Memilih sabun muka saat berjerawat

Saran Hayley, kamu harus berhati-hati untuk memilih sabun muka saat wajah berjerawat, “Yang harus kamu perhatikan adalah sabun cuci muka yang digunakan. Jika kamu sedang berjerawat, jangan sekali pun menggunakan sabun mengandung scrub karena butiran scrub yang kasar akan membuat kulit iritasi dan memperparah jerawatmu. Gunakan sabun muka yang kaya kandungan pelembap sehingga membantu menenangkan kulit yang sedang berjerawat.”

Selanjutnya: Uniknya dari Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini selain bisa dipakai di wajah, bisa dipakai juga dipakai sebagai sabun badan.

Loading Facebook Comment ...