17 Retinol Terbaik untuk Kamu yang Tidak Tahu Harus Mulai Dari Mana

17 Rekomendasi Skincare Terbaik yang Mengandung Retinol
Skincare yang Mengandung Retinol

Apakah kamu masih bingung untuk memulai menggunakan Retinol? Artikel ini adalah solusinya.

WOPP.ID - Kamu sudah tahu bahwa retinol itu penting. Berkali-kali mendengar dan membaca (termasuk di Woop) tentang derivatif vitamin A itu sangat penting. Alasannya, retinol memiliki dua fungsi utama yaitu yang pertama bahan aktif yang biasa ditemukan di krim anti-aging ini efektif bisa mengurangi kerutan halus, memperbaiki elastisitas kulit. Dan yang kedua yaitu memperbaiki produksi kolagen pada kulit yang mempercepat proses regenerasi sel sehingga mengontrol jerawat. Juara 'kan?

Cara pemakaiannya? Meski harus diingat bahwa ada efek samping berupa kekeringan, pengelupasan, iritasi kulit, bahkan pada beberapa orang jerawat makin mengganas (karenanya disarankan para pemakai pertama memulai dengan kandungan rendah, misalnya 0,3% lalu ditingkatkan 0,5% sampai 1%, dst), tapi kemungkinan cara pemakaiannya lebih mudah dihapal dibandingkan lirik Bohemian Rhapsody: Sebagai tahap perkenalan, gunakan retinol satu sampai dua kali seminggu dan pelan-pelan tambah frekuensinya menjadi tiap hari. 

Aplikasikan di seluruh wajah dan leher (hindari daerah mata karena lebih tipis dan lebih peka), tunggu tiga menit dan oleskan sedikit pelembap jika dibutuhkan. Oh, jangan lupakan tabir surya SPF 30—karena retinol bisa membuat kulit lebih sensitif terhadap bahaya sinar UV matahari. 

Akan tetapi langkah berikutnya agak lebih sulit (dipastikan lebih sulit rumit daripada mengingat lirik lagu Wannabe milik Spice Girls—oh, OOT, mereka tur lagi tahun depan, yeeay!): memilih retinol yang tepat terutama untuk para amatiran seperti kita ini. Temukan rekomendasinya di bawah ini.

Skincare Terbaik yang Mengandung Retinol

1. La Roche-Posay Redermic R

La Roche-Posay Redermic R
La Roche-Posay Redermic R

Dapatkan La Roche-Posay Redermic R di Tokopedia Rp560 ribu.

Kandungan retinol di dalam krim retinoid ini hanya 0,3% sehingga memang cocok untuk pemakai pemula. Formulanya yang tergolong minimalis juga baik untuk kulit sensitif karena tidak mengandung bahan pengawet, fragrance, pewarna atau paraben. 

2. Differin Gel

Differin Gel
Differin Gel

Dapatkan Differin Gel di Bukalapak Rp375 ribu.

Selanjutnya krim retinoid merek Differin. Cocok untuk pemilik kulit sensitif. Produk yang direkomendasikan oleh banyak ahli kulit ini mengandung retinoid yang membantu mengurangi inflamasi dan mencegah sel-sel kulit menempel di antara folikel dan menyumbat pori.

Baca: Review Innisfree Orchid Enriched Cream – Atasi Penuaan Kulit

Alhasil, "saluran" tetap bersih sehingga jerawat yang masih aktif cepat sembuh dan yang baru batal mampir.

3. Roc Retinol Correxion Deep Wrinkle Night Cream

Roc Retinol Correxion Deep Wrinkle Night Cream
Roc Retinol Correxion Deep Wrinkle Night Cream

Dapatkan Roc Retinol Correxion Deep Wrinkle Night Cream di Ubuy Rp532 ribu.

Skincare yang mengandung retinol berikutnya adalah Roc Retinol Correxion. Produk ini adalah produk perawatan intesif anti-kerut yang akan bekerja semalaman setelah dipakai.

Kombinasi antara Retinol murni dan inti mineral kompleks terbukti secara klinis dapat mengurangi kerutan ketika kamu tidur. Nah, produk ini juga membuktikan bahwa tidak perlu mengeringkan rekening untuk mendapatkan hasil bagus dari krim anti-kerut. 

4. Skinceuticals Retinol Cream 1.0

Skinceuticals Retinol Cream 1.0 
Skinceuticals Retinol Cream 1.0 

Dapatkan Skinceuticals Retinol Cream 1.0 di JD.id Rp1,549 juta.

Selanjutnya krim retinoid Skincerticals Retinol Cream. Ingin wajah terlihat seakan-akan kamu baru melakukan perawatan profesional? Krim retinol (1%) ini adalah pilihan yang tepat. Sebagian orang mungkin akan mengalami kemerahan dan pengelupasan pada penggunaan pertama, tapi jangan takut karena itu adalah hal yang normal ketika menggunakan perawatan retinol yang efektif.

Setelah masa tersebut terlewati, hasilnya benar-benar fantastis. Meski untuk pemilik kulit sensitif, konsentrat retinolnya mungkin terlalu tinggi sehingga disarankan untuk memakai versi 0,3%. 

5. Philosophy Help Me Retinol Treatment

Philosophy Help Me Retinol Treatment 
Philosophy Help Me Retinol Treatment 

Dapatkan Philosophy Help Me Retinol Treatment di website Philosophy $49.

Ah, seandainya ada produk retinol yang bisa mengurangi garis-garis halus dan titik-titik hitam, tapi tidak menyebabkan iritasi yang terlalu parah... pasti sangat menyenangkan.

Baca: 5 Bahan Skincare yang Harus Dijauhi!

Ada, ada, ada! Intinya, krim retinol ini adalah jawaban bagi mayoritas orang yang ingin kulit halus minim rasa sakit.