17 Retinol Terbaik untuk Kamu yang Tidak Tahu Harus Mulai Dari Mana

17 Rekomendasi Skincare Terbaik yang Mengandung Retinol
Skincare yang Mengandung Retinol

Apakah kamu masih bingung untuk memulai menggunakan Retinol? Artikel ini adalah solusinya.

Kamu sudah tahu bahwa retinol itu penting. Berkali-kali mendengar dan membaca (termasuk di Woop) tentang derivatif vitamin A itu sangat penting. Alasannya, retinol memiliki dua fungsi utama yaitu yang pertama bahan aktif yang biasa ditemukan di krim anti-aging ini efektif bisa mengurangi kerutan halus, memperbaiki elastisitas kulit. Dan yang kedua yaitu memperbaiki produksi kolagen pada kulit yang mempercepat proses regenerasi sel sehingga mengontrol jerawat. Juara 'kan?

Cara pemakaiannya? Meski harus diingat bahwa ada efek samping berupa kekeringan, pengelupasan, iritasi kulit, bahkan pada beberapa orang jerawat makin mengganas (karenanya disarankan para pemakai pertama memulai dengan kandungan rendah, misalnya 0,3% lalu ditingkatkan 0,5% sampai 1%, dst), tapi kemungkinan cara pemakaiannya lebih mudah dihapal dibandingkan lirik Bohemian Rhapsody: Sebagai tahap perkenalan, gunakan retinol satu sampai dua kali seminggu dan pelan-pelan tambah frekuensinya menjadi tiap hari. 

Aplikasikan di seluruh wajah dan leher (hindari daerah mata karena lebih tipis dan lebih peka), tunggu tiga menit dan oleskan sedikit pelembap jika dibutuhkan. Oh, jangan lupakan tabir surya SPF 30—karena retinol bisa membuat kulit lebih sensitif terhadap bahaya sinar UV matahari. 

Akan tetapi langkah berikutnya agak lebih sulit (dipastikan lebih sulit rumit daripada mengingat lirik lagu Wannabe milik Spice Girls—oh, OOT, mereka tur lagi tahun depan, yeeay!): memilih retinol yang tepat terutama untuk para amatiran seperti kita ini. Temukan rekomendasinya di bawah ini.

Skincare Terbaik yang Mengandung Retinol

1. La Roche-Posay Redermic R

La Roche-Posay Redermic R
La Roche-Posay Redermic R

Dapatkan La Roche-Posay Redermic R di Tokopedia Rp560 ribu.

Kandungan retinol di dalam krim retinoid ini hanya 0,3% sehingga memang cocok untuk pemakai pemula. Formulanya yang tergolong minimalis juga baik untuk kulit sensitif karena tidak mengandung bahan pengawet, fragrance, pewarna atau paraben. 

2. Differin Gel

Differin Gel
Differin Gel

Dapatkan Differin Gel di Bukalapak Rp375 ribu.

Selanjutnya krim retinoid merek Differin. Cocok untuk pemilik kulit sensitif. Produk yang direkomendasikan oleh banyak ahli kulit ini mengandung retinoid yang membantu mengurangi inflamasi dan mencegah sel-sel kulit menempel di antara folikel dan menyumbat pori. Alhasil, "saluran" tetap bersih sehingga jerawat yang masih aktif cepat sembuh dan yang baru batal mampir.

Baca: Review Innisfree Orchid Enriched Cream – Atasi Penuaan Kulit

3. Roc Retinol Correxion Deep Wrinkle Night Cream

Roc Retinol Correxion Deep Wrinkle Night Cream
Roc Retinol Correxion Deep Wrinkle Night Cream

Dapatkan Roc Retinol Correxion Deep Wrinkle Night Cream di Ubuy Rp532 ribu.

Skincare yang mengandung retinol berikutnya adalah Roc Retinol Correxion. Produk ini adalah produk perawatan intesif anti-kerut yang akan bekerja semalaman setelah dipakai. Kombinasi antara Retinol murni dan inti mineral kompleks terbukti secara klinis dapat mengurangi kerutan ketika kamu tidur. Nah, produk ini juga membuktikan bahwa tidak perlu mengeringkan rekening untuk mendapatkan hasil bagus dari krim anti-kerut. 

4. Skinceuticals Retinol Cream 1.0

Skinceuticals Retinol Cream 1.0 
Skinceuticals Retinol Cream 1.0 

Dapatkan Skinceuticals Retinol Cream 1.0 di JD.id Rp1,549 juta.

Selanjutnya krim retinoid Skincerticals Retinol Cream. Ingin wajah terlihat seakan-akan kamu baru melakukan perawatan profesional? Krim retinol (1%) ini adalah pilihan yang tepat. Sebagian orang mungkin akan mengalami kemerahan dan pengelupasan pada penggunaan pertama, tapi jangan takut karena itu adalah hal yang normal ketika menggunakan perawatan retinol yang efektif. Setelah masa tersebut terlewati, hasilnya benar-benar fantastis. Meski untuk pemilik kulit sensitif, konsentrat retinolnya mungkin terlalu tinggi sehingga disarankan untuk memakai versi 0,3%. 

5. Philosophy Help Me Retinol Treatment

Philosophy Help Me Retinol Treatment 
Philosophy Help Me Retinol Treatment 

Dapatkan Philosophy Help Me Retinol Treatment di website Philosophy $49.

Ah, seandainya ada produk retinol yang bisa mengurangi garis-garis halus dan titik-titik hitam, tapi tidak menyebabkan iritasi yang terlalu parah... pasti sangat menyenangkan. Ada, ada, ada! Intinya, krim retinol ini adalah jawaban bagi mayoritas orang yang ingin kulit halus minim rasa sakit. 

Baca: 5 Bahan Skincare yang Harus Dijauhi!

6. Neutrogena Ageless Intensives Deep Wrinkle Moisture (Night)

Neutrogena Ageless Intensives Deep Wrinkle Moisture (Night)
Neutrogena Ageless Intensives Deep Wrinkle Moisture (Night)

Dapatkan Neutrogena Ageless Intensives Deep Wrinkle Moisture (Night) di Amazon $15.47.

Skincare yang mengandung retinol merek ini bisa dipercaya, termasuk dalam hal produk retinol. Bahan-bahan yang terkandung di dalamnya berkualitas sehingga mampu mengurangi keriput dan bisa tampak lebih muda. Produk ini juga telah melalu banyak tes sehingga dipercaya sangat ramah bagi kulit.

7. The Ordinary Granactive Retinoid 2% in Squalane

The Ordinary Granactive Retinoid 2% in Squalane
The Ordinary Granactive Retinoid 2% in Squalane

Dapatkan The Ordinary Granactive Retinoid 2% in Squalane di JD.id Rp452 ribu.

Krim retinol selanjutnya dari merek The Ordinary. Dibandingkan dengan formula lama mereka, formula baru yang diberi nama 'Granactive Retinoid' ini memberikan hasil yang lebih baik untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini, tanpa mengakibatkan iritasi pada kulit.

8. Dr. Dennis Gross Skincare Ferulic + Retinol Wrinkle Recovery Overnight Serum

Dr. Dennis Gross Skincare Ferulic + Retinol Wrinkle Recovery Overnight Serum
Dr. Dennis Gross Skincare Ferulic + Retinol Wrinkle Recovery Overnight Serum

Dapatkan Dr. Dennis Gross Skincare Ferulic + Retinol Wrinkle Recovery Overnight Serum di Shopee Rp575 ribu.

Krim retinol ini enggabungkan ferulic acid dan retinol untuk benar-benar menghaluskan kulit dan melembutkan kerutan. Yang pertama mengeksfoliasi kulit dengan lembut dan bahan kedua begadang untuk mendetoks kulit dari radikal bebas, polusi dan kotoran lainnya. Produk ini vegan dan cruelty-free.

9. Murad Retinol Youth Renewal Night Cream

Murad Retinol Youth Renewal Night Cream
Murad Retinol Youth Renewal Night Cream

Selanjutnya krim malam dengan kandungan retinol tri-active, yaitu retinoid, retinol yang dirilis perlahan dan bertahap di kulit, dan retinol booster ini bekerja seperti sihir saat digunakan sebelum tidur. Krim malam ini pun mengandung ekstrak bunga sweetie dan ekstrak ganggang merah yang dapat meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit.

Baca: Ini Bahan Terpenting yang Harus Ada di Dalam Produk Anti Aging-Mu

10. SkinMedica Retinol 0.25 Complex

SkinMedica Retinol 0.25 Complex
SkinMedica Retinol 0.25 Complex

Skincare yang mengandung retinol dari SkinMedica ini mengandung konsentrasi retinol rendah, yaitu 0,25% saja. Krim ini dapat membantu membangun kekebalan retinol. Krim malam ini pun dilengkapi dengan niacinamide yang mampu melindungi kulit dari oxidative stress dan sun demage, sekaligus meredakan inflamasi dan mengecilkan tampilan pori.

11. ElsheSkin Anti Aging Serum

Dapatkan ElsheSkin Anti Aging Serum ini di Shopee dengan harga Rp 132 ribuan

Skincare yang mengandung retinol ini efektif untuk memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan dini sekaligus merawat elastisitas kulit biar enggak keriput dan wajah tampak lebih kencang, halus, kenyal dan awet muda. Karena produk ini didalamnya sangat baik untuk menstimulasi kolagen.

12. For Skin's Sake Retinol Overnight Cream

View this post on Instagram

A retinol thats calming with drops of green tea and hyaluronic acid ☁️

A post shared by For Skin's Sake (FSS) (@forskinssake) on

Dapatkan For Skin's Sake Retinol Overnight Cream ini di Sociolla dengan harga Rp 240 ribu

Berikutnya adalah krim yang kandungannya terdiri dari retinol, hyaluronic acid, vitamin E, green tea daan centella asiatica. Klaimnya ampuh dalam mencegah tanda-tanda penuaan dini, bisa juga membuat wajah kamu selalu terlihat segar, kenyal dan awet muda.

13. The Ordinary Retinol 1% in Squalane

View this post on Instagram

A post shared by Abidha | Self Love Advocate (@abidha_basheer) on

Dapatkan The Ordinary Retinol 1% in Squalane di Tokopedia dengan harga Rp 225 ribu

Skincare yang mengandung retinol ini diklaim bisa mengurangi tampilan garis halus, berbagai tanda-tanda penuaan, hingga memperbaiki kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari. Diolah dengan teknologi terbaru sehingga sangat minim risiko iritasi.

14. Indeed Labs Retinol Reface Skin Serum

Dapatkan Indeed Labs Retinol Reface Skin Serum di Tokopedia dengan harga Rp 440 ribu

Skincare yang mengandung retinol ini termasuk produk retinol terbaik untuk pemula alias kamu yang coba-coba pakai retinol. Mempunyai formula fragrance-free dan memiliki konsistensi yang ringan, teksturnya lembut dan langsung menyerap di kulit. 

15. REN Bio Retinoid Anti-Ageing Cream

View this post on Instagram

A post shared by CORNELIA PURPLE (@corneliapurple_official) on

Dapatkan REN Bio Retinoid Anti-Ageing Cream di iPrice dengan harga Rp 804 ribu

Selanjunya seperti moisturizer, produk ini memberikan klaim tanpa efek samping. Biasanya retinol menyebabkan kulit kemerahan dan iritasi di awal pemakaian, namun beda untuk produk ini karena teksturnya bisa mengurangi kemerahan dan membuat kulit tampak lebih kencang dan cerah.

16. Sunday Riley A+ Dose Retinol Serum

Dapatkan Sunday Riley A+ Dose Retinol Serum di Shopee dengan harga Rp 190 ribu

Produk krim retinol ini mengandung retinol yang sangat kuat, yaitu sebanyak 6.5 %. Klaimnya bisa menyamarkan jerawat serta mencerahkan dan mengencangkan kulit. Jika kamu pengguna retinol pemula, pakai serum ini harus secara bertahap. Awalnya gunakan waktu malam setiap dua kali seminggu, lalu tambahkan frekuensinya menjadi sekali dalam dua malam, lalu setiap malam.

17. Holy Grail Retinol Repair Skin Creme

Obat Retinol Holy Grail retinol repair skin creme
Obat Retinol Holy Grail retinol repair skin creme

Dapatkan Holy Grail Retinol Repair Skin Cream di holygrail-beauty.com dengan harga Rp 416 ribu

Skincare yang mengandung retinol 1%, cocok untuk kulit yang sensitif. mempunyai bahan-bahan yang mutakhir seperti hyaluronic acid, green tea extract, aloe vera leeaf juice dan shea butter. Teksturnya ringan dikulit, jadi bisa kamu gunakan sebagai moisturizer di siang hari. 

Selanjutnya: